Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Berita / Artikel

5 Manfaat Meminum Coklat Panas bagi Kesehatan

Administrator Kesehatan Dilihat 296 kali

5 Manfaat Meminum Coklat Panas bagi Kesehatan

Cokelat panas atau dalam bahasa Inggris disebut Hot Chocolate merupakan salah satu minuman yang belakangan ini mulai populer di kalangan masyarakat. Namun taukah anda bahwa selain rasanya yang enak, coklat ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan kita.

 

Sebelum kita bahas lebih jauh manfaat coklat panas, ada baiknya untuk mengetahui kandungan dalam cokelat. Coklat adalah sebutan untuk hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao (Theobroma cacao). Coklat mengandung antioksidan kuat yang membantu mencegah penyakit jantung, degenerasi makula, penuaan dini, bahkan mengurangi risiko kanker, karena memerangi radikal bebas di dalam tubuh. Semakin gelap warna pada cokelat, antioksidan di dalamnya pun akan semakin kuat.

 

Kalau di atas kita telah membahas manfaat coklat secara umum, lantas apa saja manfaat meminum coklat panas?

 

Dilansir dari Khasiat.co.id, berikut ini lima manfaaat meminum coklat panas.

 

1. Coklat panas meningkatkan kekuatan otak

 

Hasil studi menunjukkan bahwa minuman coklat panas membantu meningkatkan kekuatan otak dan meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan. Flavonoid dalam coklat panas meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak, sehingga membantu Anda berpikir lebih baik.

 

Jika Anda ingin meningkatkan memori, cobalah minum dua cangkir coklat panas setiap hari. Tidak hanya akan meningkatkan memori otak, namun juga suasana hati. Pastikan tidak menggunakan terlalu banyak gula dalam minuman coklat panas Anda. Karena konsumsi gula yang berlebih dapat menimbulkan masalah kesehatan yang lain seperti indikasi diabetes.

 

2. Coklat panas mengandung lebih banyak antioksidan

 

Menurut penelitian yang dilakukan Cornell University, coklat panas mengandung lebih banyak antioksidan daripada teh hijau dan anggur. Selain itu, minum coklat panas adalah salah satu cara paling lezat untuk mendapatkan antioksida.

 

Antioksida sendiri berguna untuk membebaskan tubuh dari radikal bebas yang merupakan penyebab utama kerusakan oksidatif pada sel. Selain itu, radikal bebas juga dapat menyebabkan penuaan dan kanker. Jadi, kandungan coklat yang kaya akan antioksida dapat melindungi kita dari berbagai jenis kanker dan memperlambat tanda-tanda penuaan.

 

3. Coklat panas meningkatkan suasana hati

 

Apakah anda pernah mendengar ungkapan makan coklat dapat menghilangkan kesedihan hati? Hal ini pun berlaku pula pada secangkir coklat panas. Minuman lezat ini membantu melawan stres, kecemasan, dan depresi. Coklat panas merangsang pelepasan endorfin, yang membantu meningkatkan mood Anda dan membuat Anda merasa lebih bahagia dalam sekejap.

 

Tapi masalahnya coklat panas mungkin mengandung jumlah gula yang tinggi, yang tidak baik untuk kesehatan Anda. Pertimbangkan membuat coklat panas bebas gula untuk meningkatkan khasiatnya.

 

4. Mengurangi berat badan

 

Bukan hanya mampu meningkatkan suasana hati minuman ini juga mampu untuk menurunkan berat badan. Minuman coklat hangat mampu memberikan kalori yang cukup yang di butuhkan oleh tubuh untuk bisa tetap aktif. Hal ini tentu akan mengurangi kebutuhan tubuh untuk mengonsumsi makanan tambah.

 

5.Menurunkan tekanan darah

Kandungan flavonoid yang terkandung di dalam minuman ini merupakan antioksidan. Antioksidan berperan untuk menurunkan tekanan darah dengan memproduksi oksida nitrat. Hal ini tentu akan menyeimbangkan hormon dalam tubuh. Suatu penelitian pernah mengatakan bahwa jika kita meminum coklat hangat, meskipun hanya dua atau tiga kali setiap minggu, maka tekanan darah kita akan menurun. Minuman ini dapat meningkatkan aliran darah dan membantu mencegah pembentukan gumpalan darah. Selain itu, minuman ini juga dapat mencegah pengerasan pembuluh darah.

Demikian lima manfaat coklat panas bagi kesehatan. Sudah kah anda minum coklat panas hari ini?

 

Minumancoklat, Coklat, Coklatpanas, Manfaatcoklat, Cocoa, Kesehatan,

Member Banner

Google Analytics Alternative