Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Berita / Artikel

Rahasia Bisnis Sukses

Administrator Bisnis Dilihat 320 kali

Setiap bisnis tentu mempunyai keunikan tersendiri, sehingga ada sejumlah perbedaan teknis dalam menjalankan berbagai bisnis tersebut. Namun demikian, sebelum menyentuh pada sisi teknis, Anda harus mengetahui dan memahami terlebih dahulu rahasia sukses yang dapat diterapkan dalam segala jenis bidang usaha, baik itu perdagangan, hotel, agen perjalanan, jasa pendidikan, hingga developer dan juga berbagai jenis usaha lainnya. Berikut adalah kelima rahasia tersebut:

 

Kekuatan karakter

Hal yang sering dipusingkan oleh para pengusaha dan orang yang baru mulai menjalankan bisnis adalah memikirkan mengenai hal-hal teknis seperti permodalan, jaringan, hingga strategi pemasaran. Padahal hal pertama yang harus dimiliki adalah kekuatan karakter, karena menjadi pengusaha sukses membutuhkan karakter kuat, tidak mudah cengeng atau mengeluh, dan memiliki keyakinan serta semangat juang. Lalu apa saja sikap yang harus dimiliki untuk mencerminkan atau membentuk kekuatan karakter? Beberapa yang harus dilakukan misalnya tidak mengeluh atas tantangan namun mencari solusi, tidak suka menyalahkan orang lain, serta tidak mudah putus asa meskipun menghadapi penolakan atau belum mencapai target yang diinginkan.

 

Fokus

Hal ini sering diremehkan, padahal dengan fokus pada satu bisnis maka Anda akan mencurahkan seluruh tenaga dan pikiran untuk menyukseskan bisnis tersebut. Sering terjadi seseorang mencoba banyak bisnis, atau mudah berpindah bidang bila bisnis yang Ia jalani sebelumnya belum meraih kesuksesan. Padahal untuk mencapai kesuksesan memang tidak bisa instan, dan setiap bisnis selalu mempunyai plus minus, sehingga Anda jangan merasa bahwa suatu bisnis itu lebih “mudah” sehingga kemudian mengubah fokus untuk mencoba yang lebih mudah tersebut. Tentu saja fokus bukan berarti selamanya hanya boleh menggeluti satu bisnis saja, tapi Anda harus membawa bisnis tersebut sampai pada titik yang berhasil baru Anda dapat mulai mencoba untuk merambah ke bisnis lain.

 

Merek

Banyak orang yang tidak mementingkan membangun merek dalam berbisnis. Hal ini dilandasi pemikiran untuk apa sibuk membangun merek yang biasanya mengeluarkan banyak biaya, sementara dengan berjualan pun bisa mendapatkan uang tunai. Hal ini sah-sah saja bila masih memulai atau menjalankan bisnis yang kecil. Namun bila ingin bisnis berkembang menjadi besar, maka Anda harus membangun merek. Dengan mempunyai merek, maka Anda membangun reputasi, dan produk baru yang diasosiasikan sehingga merek itu akan dikenal dan diterima masyarakat. Efeknya, penjualan pun lebih mudah untuk dilakukan. Secara sederhana, merek diperlukan untuk mengembangkan bisnis secara jangka panjang.

 

Relasi

Banyak orang yang tidak begitu pintar, tidak mempunyai modal besar, tapi mampu mengelola bisnis hingga sukses dan berskala besar. Salah satu kuncinya adalah dengan memiliki relasi atau jaringan pertemanan yang luas. Efek yang dihasilkan dari hubungan ini sunggu besar, dan bisnis Anda akan banyak dimudahkan. Mulai dari hal-hal sederhana seperti teman atau kenalan tentu lebih mudah untuk ditawari barang yang Anda jual karena sudah berteman sebelumnya. Atau bisa jadi Anda sedang mencari supplier dan teman memiliki saudara yang bergerak di bidang tersebut. Yang perlu diingat, untuk membangun relasi jangan didasarkan pada pertimbangan untung rugi semata. Bina hubungan baik seluasnya dan bantulah orang dengan tulus. Mungkin mereka tidak akan membalas kebaikan Anda secara langsung, tapi barangkali suatu saat mereka akan memberikan bantuan bagi Anda.

 

Hal-hal kecil

Jangan lupakan pula pada hal-hal kecil yang tampaknya sepele, tapi bila dibiarkan akan mengganggu bisnis Anda. Untuk itu Anda perlu untuk tetap rajin dan memperhatikan hal-hal kecil dan detail terutama bagi yang baru memulai bisnis. Hal ini diperlukan agar seluruh aspek dalam bisnis dapat berjalan sesuai yang Anda rencanakan. Hal-hal kecil terkadang dapat membawa pengaruh besar, seperti bila membiarkan karyawan Anda yang jorok atau tidak rapi, maka Ia akan terbiasa dan konsumen pun mungkin dapat menangkap kesan tersebut. Tentu hal ini harus dihindari dengan cara mendisiplinkan pegawai Anda.

 

Rahasia bisnis di atas tentu sudah menjadi rahasia umum di mana banyak orang yang mengetahui. Namun demikian, bagaimana mereka mengubah pengetahuan menjadi kesuksesan kembali pada diri masing-masing. Untuk itu, terapkanlah hal-hal tersebut agar Anda terbiasa dan semoga bisnis dapat berkembang dengan pesat.

Bisnis, Bisnissukses, Rahasiasukses, Rahasiabisnis, Bisnismodern, Bisnisunik, Unik, Modern, Pengusahasukses, Rahasiapengusaha, Rahasiapengusahasukses, Sukses, Meraihmimpi, Sukseswirausaha, Wirausaha, Wirausahabisnis,

Member Banner

Google Analytics Alternative