Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Berita / Artikel

Bermimpilah Menjadi Franchisor

Administrator Waralaba Makanan Dilihat 2441 kali

Sukses dalam dunia bisnis adalah cita-cita setiap pengusaha kuliner. Sukses tersebut akan dapat terwujud tidak hanya dengan keuletan dan kegigihan berbisnis saja melainkan juga dengan ketepatan melangkah dan memilih strategi bisnis yang sedang dijalankan oleh pengusaha kuliner. Strategi yang inovatif sangat diperlukan guna mencapai kesuksesan tersebut. Dimana salah satunya adalah melakukan ekspansi melalui franchise. 

Sukses Franchise Makanan

Sebagaimana kita ketahui bahwa akhir-akhir ini bisnis makanan franchise menjadi lahan bisnis baru yang marak ada di masyarakat. Kesuksesan yang diperoleh dalam bisnis franchise makanan sangat menggiurkan. Keuntungan yang diperoleh ini tidak hanya didapatkan oleh pembeli franchise atau franchisee melainkan juga didapatkan oleh pemilik franchise atau franchisor dihasilkan

Bagi franchisee keuntungan yang didapatkan berupa peningkatan profit sedangkan bagi franchisor selain peningkatan profit, omzet melainkan juga perluasan pangsa pasar seiring dengan bertambahnya jaringan tidak hanya regional bahkan juga nasional. Dan jika Anda seorang pemilik bisnis kuliner, tidakkah Anda tertarik untuk mulai melirik bisnis makanan franchise dengan mencoba mem- franchise-kan bisnis Anda? 

Syarat-syarat menjadi Franchisor

Menjadi franchisor dalam bisnis makanan franchise adalah hal yang menantang bagi pengusaha kuliner makanan. Beberapa syarat berikut dapat menjadi panduan singkat tentang hal apa saja yang harus dipersiapkan dan dilakukan oleh pengusaha kuliner makanan, yaitu :

1.     Persiapan Pembentukan Badan Hukum

Suatu bisnis akan lebih legal jika dijalankan oleh sebuah badan hukum. Oleh karena itu, pengusaha kuliner makanan yang hendak mengembangkan bisnis makanan franchise juga harus memiliki legalitas hukum yang kuat. Dengan telah berbentuk badan hukum, akan lebih mudah untuk membuat HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) dan mendaftarkan merek dagang produk franchise makanan mereka ke Ditjen HAKI Departemen Hukum dan HAM.

2.     Persiapan Modal.

Modal untuk memulai bisnis makanan franchise tentunya jauh lebih besar daripada saat mereka memulai usaha perorangan. Oleh karena itu pentingnya ketersediaan modal sangat diperlukan. Modal ini tidak hanya diperlukan untuk melakukan investasi SDM yang lebih banyak lagi, melainkan juga untuk menjaga ketersediaan bahan baku. Sehingga saat permintaan meningkat, pendistribusian bahan baku pun tidak akan terhambat.

3.     Persiapan Management

Managent yang baik pun juga harus dipersiapkan sehingga bisnis makanan franchise dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan standart operasional prosedur. Dengan manajemen yang baik, quality control di setiap devisi pun akan berjalan dengan sinergi.

4.     Persiapan Produk.

Siapkan produk Anda! Produk makanan menjadi bintang utama dalam bisnis makanan franchise. Sehingga Anda harus  mempersiapkan produk makanan yang layak jual dan diterima oleh masyarakat. Tidak hanya itu saja, ciptakankanlah produk makanan yang menjadi ciri khas Anda, produk yang masih jarang dijual, namun memiliki prospek yang baik.

5.     Pembuatan Ilustrasi Prospek Bisnis

Sebelum Anda memperkenalkan bisnis makanan franchise Anda kepada franchisee, maka cobalah buat ilustrasi prospek bisnis makanan Anda. Ilustrasikan mereka dengan perhitungan BEP(Break Even Point)  yang akan diperoleh, buatlah jangan muluk-muluk sehingga calon franchisee akan mengetahui berapa lama mereka balik modal dan cara untuk mengembangkan bisnis franchise makanan Anda.

6.     Persiapan Kemitraan

Promosikan Kemitraan atau Jaringan bisnis makanan franchise yang Anda miliki, buatlah paket-paket investasi yang menarik dan terjangkau untuk menarik minat calon franchisee. Dan buatlah perjanjian franchise yang menguntungkan kedua belah pihak.

Dengan persiapan-persiapan tersebut bermimpilah menjadi franchisor dan kembangkan bisnis Anda.

Bisnis, Bisnis 2015, Bisnis Indonesia, Daftar Waralaba, Franchise Makanan, Indonesia Waralaba, Makanan Lokal, Peluang Bisnis, Pengertian Waralaba, Ukm Bisnis, Usaha Makanan,

Member Banner

Google Analytics Alternative