Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Berita / Artikel

Usaha Musiman Yang Tak Lekang Termakan Waktu

Administrator Waralaba Makanan Dilihat 1539 kali

Usaha musiman bisa dibilang tidak bisa dielakkan, pada saat-saat ada momen tertentu, maka bisnis tertentu akan sangat naik daun dibandingkan pada waktu lainnya. Misalnya saja orang berbisnis dan jualan baju akan sangat digandrungi ketika menjelang bulan Ramadhan, perayaan Iedul Fitri maupun pada saat menjelang perayaan Natal dan tahun baru.

Usaha Waralaba Tepat Bagi Usaha Musiman

Membidik usaha yang berorientasi pada waktu-waktu tertentu atau sering dikatakan sebagai usaha musiman, ada untung dan ruginya. Adapun membuka usaha pada waktu dan saat tertentu memiliki resiko dan keuntungan yang sama bervariasinya.

Adapun resiko dan keuntungannya adalah sebagai berikut :

a.     Resiko.

-       Bisnis tersebut kurang tepat untuk waktu yang lain.

-       Pangsa pasarnya terbatas.

b.    Keuntungan.

-       Sudah pasti untungnya.

-       Bisnis yang dijalankan sangat tepat momennya.

-       Pangsa pasarnya sudah jelas.

-       Bisa diorganisir banyak dan sedikitnya modal.

Memilih jenis usaha musiman yang berorientasi pada keuntungan membuka bisnis tersebut, bisa Anda intip berbagai pilihannya di link ayowaralaba.com.

5 Kiat Sukses Membuka Usaha Musiman

Meski membuka usaha musiman memiliki untung dan resikonya, tapi cobalah cari jenis usaha yang paling kecil resikonya namun terbentang luas keuntungannya. Tentu saja triknya adalah mencari jenis usaha musiman yang tidak lekang dimakan waktu. Artinya ketika momen tersebut berlalu, usaha Anda masih bisa terus dan cocok dijalankan kapanpun.

Karena itu cobalah simak 5 kiat sukses dalam membuka usaha musiman. Yakni sebagai berikut :

a.     Patenkan dengan trademark unik.

Pesaing usaha di bisnis waralaba tidak bisa dianggap enteng, dan juga diabaikan. Mereka akan tetap ada dalam bidang apapun. Setiap bisnis dan setiap usaha pasti akan selalu ada competitor yang selalu berusaha menyaingi Anda. Baiknya Anda harus selalu siap namun santai saja menghadapi pesaing-pesaing usaha Anda tersebut. Karena itu sebagai langkah antisipasi sebaiknya patentkan segera merek dagang Anda atau yang biasa disebut dengan trademark. Gunakan nama-nama yang unik untuk merk dagang Anda, sehingga mudah diingat dan dikenal orang.

b.    Utamakan produk yang bagus.

Pelajarilah sisi psikologis dari konsumen. Ini berguna untuk mengetahui keinginan si konsumen dari produk yang Anda dagangkan. Karena itu utamakan produk yang bagus, dengan mutu yang nomer satu, dan cara penyajian yang berkelas, serta perhatian kepada konsumen yang ekstra berhati-hati akan menjadikan ciri dari cara berdagang Anda. Dan produk bagus Anda akan gampang diingat orang, sehingga konsumen pelanggan Anda pun akan tidak mudah berpaling dari produk bagus Anda.

c.     Komunikasikan merk dengan baik.

Mengkomunikasikan merk dagang Anda dengan baik banyak caranya. Salah satunya adalah tampilan kemasan yang cukup menarik, memenuhi standar hiegienis serta menjaga kebersihan dari mulai proses persiapan, tahap pembuatan hingga proses penyajiannya. Karena dari sisi psikologis konsumen, menyajikan produk dalam kemasan yang terbungkus apik, dapat mengurangi rasa kecemasan pelanggan terhadap keterasingan produk Anda di awalnya.

d.    Perhatikan peran sebagai franchisee.

Menjalin komunikasi yang baik dari awal antara franchisee (pengusaha pemakai merk dagang) dengan franchisor (pengusaha pemilik merk dagang),  akan sangat membantu kesuksesan bisnis Anda bersama. Sebab Anda harus tetap berpijak pada aturan main yang meski tidak tertulis namun juga harus tetap dipatuhi. Yakni keberhasilan waralaba adalah ketika pemilik merk atau franchisor bisa membantu menyukseskan sederet mitra kerjanya, yakni franchisee. Sebaliknya seorang franchisee akan dikatakan sukses bila mampu bekerja keras, memiliki jiwa leadership yang strong, bersemangat tinggi dan tidak mudah menyerah. Sehingga keduanya jelas sangat berkaitan erat.

e.     Bekerja sama dan bertukar pikiran.

Sebagai seorang franchisee sebaiknya Anda tidak menggantungkan unsur kesuksesan hanya pada kebesaran nama merk dagang saja. Tapi Anda juga harus aktif dalam bertanya untuk mencapai target kesuksesan yang sudah ditetapkan oleh franchisor Anda, sekaligus memberi masukan ataupun uji saran kepada franchisor Anda. Karena kesuksesan itu hanya Anda sendiri yang bisa meraihnya.

Bisnis, Bisnis 2015, Bisnis Indonesia, Daftar Waralaba, Franchise Makanan, Indonesia Waralaba, Makanan Lokal, Peluang Bisnis, Pengertian Waralaba, Ukm Bisnis, Usaha Makanan,

Member Banner

Google Analytics Alternative