Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Berita / Artikel

Pentingnya Menjaga Fokus Dalam Bisnis

Administrator Waralaba Makanan Dilihat 2006 kali

Mengelola sebuah lembaga usaha atau perusahaan membutuhkan keahlian, ketrampilan dan juga konsistensi. Banyak pelaku bisnis yang gagal memperoleh sukses yang maksimal meskipun telah memiliki keahlian dan ketrampilan yang cukup karena gagal untuk konsisten. Ada beberapa godaan yang lazim ditemui dalam mengelola sebuah bisnis seperti rasa ingin tahu untuk mencoba bisnis lain. Salah satu logika yang sering mendasari keputusan untuk mencoba bisnis lain adalah memiliki cadangan bisnis ketika salah satu dari bisnis yang ditekuni mengalami masa lesu yang minim keuntungan. Logika tersebut tidak salah, namun bisa menjadi keliru ketika tidak dijalani dengan benar. Fokus dalam bisnis dengan mengejar satu target atau tujuan dalam mengelola bisnis sangatlah penting agar bisnis yang ditekuni tersebut mampu memberikan keuntungan yang maksimal.

Fokus menekuni bisnis di satu bidang akan membuat seorang pelaku usaha lebih fokus dalam mengatur waktu. Menekuni beberapa bisnis sekaligus akan membuat seorang pelaku bisnis lebih sulit dalam mengatur waktu, padahal waktu juga sangat berharga karena uang atau keuntungan bisa jadi gagal diperoleh karena kegagalan mengatur waktu. Dibutuhkan fokus dalam bisnis untuk membangun reputasi dan menjalankan usaha. Jika waktu yang dimiliki seorang pengusaha harus banyak dibagi – bagi antara satu usaha dengan usaha yang lain maka apapun yang dikerjakan dapat menjadi tidak sempurna dan hanya setengah – setengah karena kekurangan waktu. Fokus pada satu produk atau satu jenis bisnis dapat menjadi sebuah pilihan yang sangat bijaksana, terutama ketika tengah memulai bisnis tersebut agar apapun yang dikerjakan menjadi maksimal sehingga hasil yang diperoleh juga optimal.

Dengan fokus pada satu bidang usaha maka peluang untuk meningkatkan nilai dari bisnis yang ditekuni juga akan semakin besar. Salah satu alasan sederhananya adalah kebutuhan tambahan modal untuk meningkatkan nilai usaha tidak akan terganggu oleh usaha – usaha yang lain jika seorang pengusaha hanya fokus dalam bisnis di satu bidang saja. Ada lebih banyak ide yang bisa digali dan dieksekusi jika fokus pada satu bidang bisnis, hal ini penting agar usaha yang dikelola tetap kompetitif di tengah tekanan dari kompetitor – kompetitor lain.

Bahkan fokus dalam bisnis berupa menjaga layanan konsumen dan hubungan baik dengan vendor akan dapat meningkatkan nilai usaha karena semakin banyak konsumen menjadi setia dan semakin banyak kemudahan yang bisa diperoleh dari para vendor. Kesempatan lebih banyak untuk berkomunikasi dengan konsumen dapat membuka peluang menemukan ide dan terobosan baru yang dapat meningkatkan nilai dari bisnis yang dijalankan dari perspektif konsumen, dengan cara ini maka persaingan harga dengan kompetitor lain dapat dihindari karena kemampuan perusahaan menawarkan nilai lebih bagi konsumen tanpa harus menawarkan harga lebih murah agar tetap mampu bersaing dengan perusahaan lain di bidang yang sama. Fokus pada hubungan baik dengan vendor juga dapat sangat menguntungkan karena ada banyak kemudahan mulai dari potongan harga, layanan yang lebih cepat, prioritas mendapatkan barang hingga penundaan pembayaran tagihan yang bisa diperoleh perusahaan karena hubungan baik dengan para vendor.

Fokus pada bisnis yang dijalani adalah wajib, sedangkan melirik untuk memulai usaha lain adalah pilihan. Artinya, memilih untuk memulai usaha lain dapat dilakukan selama bisnis utama yang ditekuni telah berjalan dengan stabil. Namun resiko bisnis utama gagal karena kurangnya fokus dan perhatian setelah memulai bisnis baru akan selalu ada. Bahkan resiko gagal di dua bidang bisnis yang dijalankan sangat mungkin terjadi hanya karena kegagalan seorang pengusaha untuk fokus.

Bisnis, Bisnis 2015, Bisnis Indonesia, Daftar Waralaba, Franchise Makanan, Indonesia Waralaba, Makanan Lokal, Peluang Bisnis, Pengertian Waralaba, Ukm Bisnis, Usaha Makanan,

Member Banner

Google Analytics Alternative