Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Berita / Artikel

Perkembangan Omzet Bisnis Waralaba Indonesia

Administrator Waralaba Minuman Dilihat 1072 kali

Berbicara mengenai bisnis waralaba tentunya menjadi hal yang sangat menarik untuk diperbincangkan, terutama mengenai omzet bisnis waralaba Indonesia. Ya, beberapa bentuk berita dari kurun waktu tiga tahun belakangan ini selalu membicarakan mengenai omset dari bisnis tersebut yang mana berhasil mencapai angka pertumbuhan dengan nilai yang tinggi. Hal ini tentu saja bukan menjadi bentuk hal yang aneh, apalagi jika mengingat tingkat konsumsi dari orang Indonesia yang semakin hari semakin meningkat dengan tingginya.

Bahkan untuk jenis bisnis yang dibatasi terhadap bentuk kepemilikian, jenis bisnis waralaba masih tepat menjadi primadona yang dikategorikan sebagai bentuk bisnis paling menguntungkan. Jenis bisnis yang satu ini juga terus menguntungkan karena banyak diantaranya yang bergerak dalam bidang makanan dan juga minuman yang pada dasarnya menjadi bentuk kebutuhan pokok dari kehidupan setiap orang dalam hari-harinya. Sehingga bentuk bisnis waralaba pun tetap menjadi bentuk bisnis yang berkembang dengan pesat.

Selain itu, bisnis waralaba juga seringkali menggaet para pengusaha muda yang ingin mencapai sukses dengan cara yang jauh lebih cepat dengan modal murah meriah. Ya, bisnis yang satu ini tidak memiliki harga mahal untuk hitungan para pengusaha, karena itulah banyak diantaranya yang mulai membuka dan melakukan jenis bisnis yang satu ini untuk memulai usahanya. Dengan harga murah dan juga ketentuan dari aturan yang sudah dimiliki oleh para master franchise, maka Anda atau pengusaha muda yang dikenal sebagai franchisor dalam dunia bisnis waralaba tersebut dapat menjalankan bisnis yang satu ini dengan cara yang cepat dan juga tidak terlalu banyak mengalami hambatan.

Dalam hitungan beberapa tahun yang lalu, yaitu tepatnya pada tahun 2012, omzet bisnis waralaba Indonesia diperkirakan akan mencapai angka 10% atau senilai 110 trilliun. Namun ternyata, jenis bisnis yang satu ini justru malah berkembang dengan jauh lebih pesat dari perkiraan tersebut hingga mencapai angka 20% dengan nilai omset mencapai Rp. 240 trilliun. Mendengar mengenai omset dengan nilai yang banyak tersebut, tentu saja membuat para wirausahawan semakin tertarik dan bahkan tertantang untuk ikut bergerak dalam bidang bisnis itu.

Dengan meningkatnya omset tersebut yanga mana lonjakan cukup tinggi di wilayah Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa krisis ekonomi yang terjadi secara global nyatanya tidak terlalu mempengaruhi perekonomian yang terdapat di wilayah Indonesia, bahkan dapat dikatakan bahwa perekonomian Indonesia dapat tumbuh subur dengan baik. Melihat pencapaian tersebut, banyak pula pemerintah serta para pengusaha yang berharap banyak dengan mempertahankan keadaan ekonomi tersebut agar tetap dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Namun untuk saat ini, meskipun jenis usaha atau bisnis tersebut masih termasuk dalam kategori bisnis waralaba yang menguntungkan, tetapi terdapat beberapa bentuk masalah yang mulai dihadapi. Masalah tersebut memang selalu menjadi bahan perbincangan bahkan sejak beberapa tahun yang lalu, yaitu berkaitan dengan kepemilikan dari gerai waralaba tersebut. Mengenai kepemilikan, tentunya seringkali menjadi bentuk masalah yang berkaitan dengan batasana atas kepemilikan gerai.

Masalah ini juga bekaitan dengan banyaknya gerai bisnis waralaba di Indonesia yang justru lebih banyak dimiliki oleh master franchise dibandingkan dengan gerai yang dimiliki oleh franchisor atau pebisnis perseorangan. Padahal jenis bisnis waralaba ini tujuan utamanya adalah untuk membentuk kemitraan antara master franchise dengan pebisnis perseorangan yaitu franchisor itu tadi.

Merskipun demikian, pemerintah dan juga para pengusaha tertap berharap bahwa munculnya permasalahan tersebut tidak menjadi penyebab dari turunnya omzet bisnis waralaba Indonesia. Melainkan justru harus menjadi pemicu agar bisnis waralaba yang satu ini semakin berkembang dan juga kembali meraih kesuksessannya dalam hal meningkatkan perekonomian Indonesia.

Bisnis, Bisnis 2015, Bisnis Indonesia, Daftar Waralaba, Franchise Makanan, Indonesia Waralaba, Makanan Lokal, Peluang Bisnis, Pengertian Waralaba, Ukm Bisnis, Usaha Makanan,

Member Banner

Google Analytics Alternative