Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Berita / Artikel

Target Pertumbuhan Waralaba Indonesia Diramaikan Oleh Waralaba Asing

Administrator Waralaba Makanan Dilihat 908 kali

Dalam memenuhi target pertumbuhan waralaba Indonesia 2015 ini, sudah terdapat 5 bentuk waralaba asing yang siap memasuki kawasan wilayah indonesia yang saat ini tengah melakukan proses perizinan di Kementrian Perdagangan. Seperti halnya yang dijelaskan oleh direktur utama dari bina usaha perdagangan dalam kemendag Fetnayeti yang memberikan informasi mengenai kelima merek dari waralaba asing yang siap memasuki wilayah Indonesia tersebut. Beliau menjelaskan bahwa saat ini mereka tengah melakukan peninjauan kembali terhadap waralaba tersebut berkaitan dengan aturan dari persetujuan master franchise yang terdapat di Indonesia.

Selain itu, beliau juga mengemukakan mengenai usaha waralaba yang tengah melakukan antri untuk proses perizinan tersebut keseluruhannya merupakan bentuk waralaba yang bergerak dalam bidang kuliner atau makanan, kemudian distribusi untuk surat kabar, dan juga dalam bidang pendidikan. Beliau juga mengatakan bahwa pihak pemerintah saat ini tengah menelaah mengenai waralaba tersebut apakah termasuk dalam hal yang memenuhi syarat atau pun tidak. Seperti halnya pada jenis waralaba kuliner yang mana salah satu dalam persyaratannya terdapat aturan untuk menggunakan bahan dengan tingkat 80% berasal dari tempat atau termasuk dalam produk lokal.

Kemudian Fetnayeti juga menjelaskan bahwa saat ini pihak pemerintah sudah mengeluarkan sebanyak 698 untuk jumlah izin bagi usaha waralaba yang sekitar 35% diantaranya atau dengan jumlah 245 merupakan bentuk dari bidang usaha waralaba asing yang memasuki kawasan Indonesia.

Bahkan dalam catatan dari pihak Asosiasi Franchise Indonesia juga sempat dikatakan bahwa pertumbuhan jumlah waralaba dari dalam Indonesia itu pertahunnya hanya mencapai angka sekitar 2% saja untuk hitungan rata-ratanya. Sementara itu, dalam pertumbuhan Bussiner Opportunity justru dapat mencapai angka sekitar 8 hingga 10% per tahunnya. Hal ini juga terlihat melalui jumlah waralaba dalam Bussines Opportunity dari Kemendag yang hingga akhir tahun 2014 lalu mencapai angka sebanyak 132 ribu jiwa pelaku usaha, sementara gerai yang dimilikinya mencapai angka 23 ribu jumlah yang dimilikinya.

Dalam mencapai target pertumbuhan waralaba Indonesia 2015, sebenarnya pihak pemerintah menginginkan agar warga Indonesia terutama para pengusaha atau pun pihak wirausahawan untuk maju dan bersaing bersama dengan pihak wirausahawan dari luar dalam hal menjalankan bisnis atau pun usaha waralaba yang satu ini. Namun untuk mendongkrak para wirausahawan lokal ternyata bukanlah hal yang cukup mudah, apalagi terkadang banyak pihak lokal yang merasa belum sanggup untuk melakukan bisnis tersebut. Padahal jenis bisnis yang satu ini termasuk dalam bidang bisnis yang sangat mudah untuk dilakukan. Karena memang banyak sekali masyarakat konsumtif yang memiliki minat tinggi untuk menjadi para pelanggannya. Namun karena hal tersebut seringkali terhambat, sehingga pemerintah pun mulai membuka peluang tersebut untuk para wirausahawan asing seperti halnya dengan meramaikan pertumbuhan perekonomian Indonesia melalui rencana bisnis yang mereka jalankan dalam bidang waralaba tersebut. Itu sebabnya kali ini sudah cukup banyak pihak waralaba asing yang mulai hendak memasuki wilayah Indonesia. 

Bisnis, Bisnis 2015, Bisnis Indonesia, Daftar Waralaba, Franchise Makanan, Indonesia Waralaba, Makanan Lokal, Peluang Bisnis, Pengertian Waralaba, Ukm Bisnis, Usaha Makanan,

Member Banner

Google Analytics Alternative