Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Berita / Artikel

Kelebihan Waralaba Lokal vs Waralaba Asing

Administrator Waralaba Makanan Dilihat 1260 kali

Waralaba lokal vs waralaba asing kini sedang bersaing ketat di dunia bisnis di tanah air. Terlebih kini usaha waralaba sedang berkembang pesat di Indonesia. Pada dasarnya menjalankan sebuah bisnis waralaba ada 3 hal utama yang harus dipelajari yaitu konsep, sistem dan orang yang akan menjalankan. Ketiga point itu harus dijalankan dengan beriringan agar bisnis franshise bisa berjalan dengan sukses. Tingginya kemauan masyarakat Indonesia untuk memajukan bisnis waralaba juga menarik investor asing untuk membuka franchisenya di negri kita. Maka dari itu untuk pengusaha lokal harus mampu bertahan dan mempertahankan popularitasnya untuk menjaga kestabilan ekonomi negara.

Kelebihan Waralaba Asing

Usaha waralaba dalam negri tentu tidak bisa dipisahkan dari persaingan yang ketat, baik sesama pembisnis waralaba asing yang mempunyai banyak model. Banyak sekali jenis waralaba yang dimiliki asing yang berkembang di Indonesia, termasuk bisnis waralaba makanan yang sudah terkenal oleh konsumen. Konsumen dalam negri lebih mengetahui restoran cepat saji milik asing dari pada milik dalam negri, jenis makanannya pun macam – macam baik itu burger, pizza atau masakan jepang. Berikut beberapa kelebihan waralaba asing yang harus dicontoh oleh pemilik waralaba lokal.

a.     Cita rasa

Cita rasa kualitas milik asing lebih mumpuni dari pada cita rasa lokal. Pelanggan akan rela mengeluarkan biaya banyak untuk cita rasa yang lezat, meskipun biaya mahal jika cita rasa yang ditawarkan sangat lezat maka konsumen akan terus datang dan ingin kembali lagi. Hal itu terjadi karena cita rasa yang diberikan pemilik waralaba asing lebih asli dan kualitasnya belum banyak yang meniru. Resep yang dibuat juga datang langsung dari negara asalnya.

b.    Gaya hidup

Menikmati makanan yang dibeli dari waralaba asing sempat menjadikan gaya hidup terlihat lebih wow dari pada menikmati sajian makanan lokal. Selain gaya hidup juga karena gengsi yang tinggi, dianggap menjadi orang yang kaya ketika mampu menikmati sajian waralaba orang asing. Kuatnya promosi yang dilakukan juga menjadikan konsumen lebih suka menikmati menu dari waralaba asing. Media tersebutlah yang menimbulkan budaya baru dalam dunia kuliner di antara konsumen. Mulai dari anak, hingga dewasa yang sudah terkena pengaruh gaya hidup dari makanan – makanan yang dijual di waralaba asing.

c.     Spot yang nyaman

Untuk beberapa orang mungkin bukan hal yang penting tentang jenis menu yang ditawarkan, namun tempat yang nyaman kerapkali menjadi hal yang diprioritaskan. Banyak sekali konsumen yang lebih memilih makan di warung asing dengan alasan kenyamanan yang ditawarkan. Suasana yang nyaman, rapi dan akhirnya konsumen jatuh hati, sehingga mereka lebih nyaman bertandang kesana dari pada ke waralaba lokal sendiri. Meskipun hanya memesan sedikit maka mereka akan betah berlama – lama karena tempatnya sangat nyaman untuk disinggahi.

d.    Mudah Ditemui

Letaknya bisnis waralaba asing yang mudah ditemukan juga menjadi keunggulan tersendiri. Coba saja kita tengok jenis usaha waralaba asing yang mempunyai retail dimana – mana. Restoran cepat saji yang sudah berkembang biasanya mempunyai banyak gerai. Di setiap kota saja memiliki lebih dari tiga gerak, maka dari itulah mereka berani membuka cabang gerai di tempat umum seperti mall, stasiun, bandara dan tempat yang lain.  Tidak jarang jika banyak warabala asing yang disukai konsumen, karena beberapa keunggulannya seperti banyak fasilitas yang ditawarkan dan lokasi yang mudah ditemukan. Tentu ketika Anda merasa lapar di tempat umum maka tentu tempat umumlah yang menjadi incaran pertama kali untuk dikunjungi. Trik mereka memang menjadikan konsumen tidak lagi punya pilihan selain datang ke gerai waralaba asing.

Bisnis, Bisnis 2015, Bisnis Indonesia, Daftar Waralaba, Franchise Makanan, Indonesia Waralaba, Makanan Lokal, Peluang Bisnis, Pengertian Waralaba, Ukm Bisnis, Usaha Makanan,

Member Banner

Google Analytics Alternative