Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Berita / Artikel

Cara Menyeimbangkan Quality Time Dan Quantity Time Sharing Pengusaha

Administrator Waralaba Makanan Dilihat 1528 kali

Cara menyeimbangkan quality time dan quantity time sharing pengusaha yang satu dengan lainnya pastinya berbeda-beda tergantung dari beberapa hal berikut.

Persediaan bahan baku

Salah satu hal yang harus diperhitungkan ketika Anda memiliki sebuah bisnis, agar permintaan pasar dapat terpenuhi dengan baik adalah persediaan bahan baku. Apapun jenis usaha yang sedang dijalankan akan lebih baik jika Anda memiliki stok barang yang jumlahnya sedikit lebih besar dari jumlah yang diedarkan di pasaran. Hal tersebut berguna ketika ada permasalahan dalam proses produksi di lain waktu atau ketika permintaan akan suatu barang naik dua kali lipat sementara proses produksi belum selesai. Contohnya ketika Anda adalah seorang pengusaha yang bergerak di bidang makanan ringan, dalam menjalankan bisnis Anda sudah menjalin kerjasama dengan beberapa toko dan pedagang eceran. Selama penjualan, pastinya kolega Anda sudah memiliki perhitungan untuk masing-masing jenis makanan ringan, namun disaat-saat tertentu seperti menjelang hari raya atau liburan permintaan akan makanan ringan naik, sehingga pada saat tersebut Anda butuh stok tambahan yang sudah disediakan sebelumnya.

Kualitas SDM

Ketika dalam suatu waktu Anda ingin menyeimbangkan antara waktu produksi suatu barang atau jasa agar sesuai dengan permintaan dan penawaran yang tersedia, maka Anda juga harus memiliki pengelolaan SDM (sumber daya manusia) yang terkontrol dengan benar. Hal yang dimaksudkan disini adalah Anda harus pintar membagi kelompok sumber daya yang ada sehingga target produk yang diinginkan tercapai. Salah satu contohnya adalah ketika Anda merupakan seorang pengusaha yang bergerak di bidang konveksi dan diberikan deadline untuk membuat pakaian 1000 buah dalam waktu 2 bulan. Dalam proses pengerjaan, Anda memiliki sumber daya yang bertugas membuat planning program dan eksekutor meliputi penjahit dan pendesain. Oleh karena itu, agar pekerjaan sesuai tepat waktu Anda kemudian membagi deadline berapa jumlah pakaian yang harus diselesaikan dalam waktu satu hari. Jika Anda mampu mengarahkan semua sumber daya yang ada dengan baik, maka keseimbangan antara quality time dan quantitiy time dapat terjamin.  

Resolusi JIT

JIT atau just in time adalah suatu mekanisme pembelian atau penyediaan bahan baku dimana proses penyediaanya akan dilakukan tepat ketika diperlukan sehingga kebutuhan konsumen akan dapat dipenuhi segera. Metode JIT ini disatu sisi akan menolong para pengusaha agar mereka memiliki aturan waktu untuk proses produksi yang dijalankan, tentunya agar proses berjalan tepat sesuai dengan rencana awal. Sedangkan disisi lain metode JIT akan meminimalisir penyimpangan yang terjadi dalam hal keuangan karena semua permasalahan yang mungkin terjadi sudah diprediksi terlebih dahulu. Dengan memperhatikan hal-hal diatas, maka prosedur atau faktor apapun yang digunakan sebagai cara menyeimbangkan quality time dan quantity time sharing pengusaha, akan membuat usaha yang dijalankan lancar dan tanpa masalah.

Bisnis, Bisnis 2015, Bisnis Indonesia, Daftar Waralaba, Franchise Makanan, Indonesia Waralaba, Makanan Lokal, Peluang Bisnis, Pengertian Waralaba, Ukm Bisnis, Usaha Makanan,

Member Banner

Google Analytics Alternative