Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Berita / Artikel

Habiskan Bahan Baku Sebelum Kadaluarsa untuk Produk Makanan dan Minuman

Administrator Waralaba Makanan Dilihat 993 kali

Saat ini fenomena makanan kadaluarsa yang tetap dijual memang sangat tinggi. Ada berbagai alasan mengapa banyak penjual yang tetap memberikan produk kadaluarsa untuk pembeli. Meskipun pemerintah selalu melakukan beberapa operasi pemeriksaan menjelang peringatan hari raya seperti menjelang Idul Fitri, Natal hingga Tahun Baru, namun masih banyak produk makanan dan minuman yang kadaluarsa dan tetap dijual. Melihat beberapa masalah ini maka sebagai pembeli Anda harus lebih jeli dan mengenali semua makanan dan minuman dengan cerdas. Bagaimana cara mengenali kode kadaluarsa dalam makanan dan minuman? Anda bisa mencoba untuk mengetahui dan memahami kode yang tertulis pada kemasan. Simak ulasan berikut ini.

Label “Dijual Pada Tanggal”

“Dijual Pada Tanggal” atau “Date Sell- by:” biasanya digunakan untuk produk makanan dan minuman yang memiliki sifat membutuhkan kesegarakan seperti daging, telur, dan beberapa produk makanan lain. Kata kunci kadaluarsa ini akan memudahkan toko atau pelayan untuk memajang produk yang masih aman dikonsumsi. Biasanya setelah melewati tanggal kadaluarsa sebenarnya produk masih aman dikonsumsi karena perancangan tanggal kadaluarsa. Namun demi keamanan dan kesehatan maka sebaiknya Anda tidak perlu membeli produk yang memang sudah kadaluarsa meskipun mendapatkan diskon.

“Best Used Before”

Label “Best Used Before” atau Digunakan Terbaik Sebelum Tanggal” menandakan sebuah batas tanggal tertentu sebuah produk bisa dikonsumsi sebelum tanggal yang tercantum. Biasanya label ini akan gunakan untuk produk makanan, minuman, bumbu hingga obat-obatan. Label ini bisa terletak pada bagian atas, bawah atau tepi bawah kemasan. Anda bisa membeli dan menggunakan produk sebelum tanggal yang tertera. Produk yang sudah melewati masa kadaluarsa sebaiknya tidak Anda beli.

“Use By – Date”

Label “Use By- date” merupakan label yang sangat umum digunakan untuk produk makanan dan minuman. Arti dari peringatan ini adalah bahwa produk sangat layak digunakan sebelum tanggal yang tercantum. Misalnya Anda membeli produk daging olahan dalam kaleng dan menemukan label “Use By 15 September 2015” maka seharusnya Anda menggunakan atau mengkonsumsi produk itu sebelum tanggal 15 Semptember 2015. Jangan membeli dan menggunakan pada tanggal yang mendekati dari tanggal yang tercantum dalam kemasan.

Tips Menyimpan Makanan Sifat Tahan Lama

Pemakaian kulkas sebagai mesin pendingin memang sudah sangat umum. Kebiasaan yang paling sering terjadi adalah banyak konsumen yang terus membeli makanan meskipun mereka tidak akan menggunakan produk itu dalam waktu cepat. Alasannya hanya satu yaitu bahwa semua makanan ini bisa disimpan dan tahan lama di dalam kulkas. Namun langkah ini ternyata banyak menimbulkan masalah karena konsumen tidak mencatat tanggal kadaluarsa setelah membuang kemasan produk. Akibatnya banyak makanan yang terus berada dalam kulkas dan rusak. Bahkan ada konsumen yang tetap mengolahnya. Jadi jika Anda memang memiliki kebiasan ini maka Anda bisa mencoba untuk tetap membuang kemasan dan mencatat tanggal kadaluarsa. Jika perlu maka Anda bisa membuat urutan pemakaian produk sesuai dengan tanggal untuk menghindari makanan tersimpan dalam waktu yang lebih lama.

Kesadaran untuk melihat label pada produk makanan memang sangat penting untuk semua konsumen. Konsumen harus mendorong sikap untuk habiskan bahan baku sebelum kadaluarsa. Efek konsumsi makanan kadaluarsa memang sangat besar dan terkadang efeknya tidak akan terjadi secara langsung tapi dalam jangka panjang. Jadi mulai sekarang pastikan Anda selalu melihat label kadaluarsa untuk semua jenis makanan dan minuman dalam kemasan.

Bisnis, Bisnis 2015, Bisnis Indonesia, Daftar Waralaba, Franchise Makanan, Indonesia Waralaba, Makanan Lokal, Peluang Bisnis, Pengertian Waralaba, Ukm Bisnis, Usaha Makanan,

Member Banner

Google Analytics Alternative