Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Berita / Artikel

Saat Tepat Memulai Usaha di Usia Anda

Administrator Waralaba Makanan Dilihat 1154 kali

Saat pertama memang menjadi suatu momok yang dapat menjadi hambatan untuk memulai. Seperti halnya dalam memulai usaha. Banyak sekali yang dipertimbangkan apalagi harus mengantisipasi resiko ketika usaha tersebut sudah berjalan. Tidak hanya harus mempunyai modal dan mempersiapkan strategi usaha, faktor lainnya juga perlu dipertimbangkan terutama saat tepat untuk memulainya. Sebenarnya kapan saat yang tepat untuk memulai usaha atau kapan usia ideal merintis usaha, masih belum bisa dipastikan ukurannya. Hal ini tentu membuat para calon usahawan berpikir ulang tentang kapan sebaiknya ia melepas karir dan memulai bisnisnya sendiri.

Persiapan yang perlu dilakukan sebelum memulai usaha

Sebelum memulai usaha, tentu harus menyiapkan modal terlebih dahulu. Terkait dengan modal, ada 3 cara dalam pengadaannya, yaitu mutlak modal sendiri, investasi bersama dengan rekan atau dengan pinjaman. Modal ini tidak bisa dihabiskan dengan percuma bukan? Maka harus dipikirkan strategi usaha, mulai dari pengadaan barang yang diperlukan untuk usaha, tahap pemasaran, tak lupa biaya-biaya diluar usaha yang seringkali dilupakan. Untuk bisa melakukan strategi tadi juga diperlukan manajemen yang baik. Persiapkan manajemen untuk usaha baru Anda sehingga bisa diawasi dan dikontrol dengan mudah selama prosesnya. Ini sangat berkaitan dengan administrasi, jadi jangan sampai malas untuk mencatat dan menyimpan segala bentuk dokumentasi transaksi.

Usia ideal merintis usaha

Perlu disadari bahwa persiapan di atas akan percuma ketika Anda tidak memperhatikan mental. Mental ini tentu sangat berkaitan dengan pengalaman. Pengalaman yang Anda dapatkan selama hidup sampai umur saat ini. Ternyata umur dapat menjadi pertimbangan saat yang tepat memulai bisnis. Dengan kata lain, umur Anda dapat dijadikan sebagai salah satu indikasi apakah saatnya sudah tepat untuk merintis usaha. Pengalaman matang akan memberikan Anda ketahanan mental dalam menjalani usaha. Mental yang kuat akan mampu membawa Anda menghadapi segala macam situasi selama merintis usaha, yang notabene akan banyak menghadapi masalah.

Beberapa media di Amerika menyatakan, usia ideal merintis usaha adalah antara 35 tahun sampai 40 tahun. Hal ini karena pada umur tersebut, seseorang sudah matang dengan pengalaman dan mental yang mereka miliki. Jaringan dan relasi bisnis yang mereka dapatkan selama bekerja sebelumnya tentu juga akan sangat mendukung tumbuhnya usaha yang mereka bangun. Emosi yang lebih stabil juga akan sangat membantu dalam mengambil keputusan dengan pertimbangan jangka panjang dari segala aspek.

Dari umur ideal tadi, bisa disimpulkan bahwa umur di bawah idealnya dianggap masih berisiko merintis usaha. Pengalaman yang kurang, relasi bisnis yang masih terbatas serta wawasan yang belum terlalu terbuka akan mempengaruhi mental dan emosi orang tersebut. Tetapi semua kembali lagi pada diri masing-masing, dengan keyakinan dan ketekunan tentu bukan hal yang mustahil bagi para usahawan muda untuk merintis dan membangun usahanya. Semangat untuk berwirausaha!

Bisnis, Bisnis 2015, Bisnis Indonesia, Daftar Waralaba, Franchise Makanan, Indonesia Waralaba, Makanan Lokal, Peluang Bisnis, Pengertian Waralaba, Ukm Bisnis, Usaha Makanan,

Member Banner

Google Analytics Alternative