Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Berita / Artikel

SMESCO UKM Festival

Administrator Waralaba Makanan Dilihat 1261 kali

Pameran ini diselenggarakan oleh Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (KUKM). Pameran produk usaha kecil dan menengah dari seluruh provinsi dan kabupaten/kota akan dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC)

Sejarah Singkat

SMESCO (Small and Medium Enterprises and Cooperatives) sendiri telah berdiri sejak Maret 2007. Tujuan dari lembaga ini adalah untuk mempromosikan produk-produk unggulan Indonesia kepada dunia Internasional. Selain memiliki aktivitas dalam menyediakan sarana dan fasilitas pameran KUKM, lembaga ini juga memiliki 4 aktivitas penting lainnya. Aktivitas tersebut meliputi promosi dan pemasaran produk unggulan Indonesia ke luar negeri melalui Trading House, pelatihan KUKM, menampilkan produk unggulan KUKM dalam UKM Gallery, dan mengelola gedung SMESCO Indonesia untuk sarana pendukung lainnya.

SMESCO Indonesia Company merupakan nama operasional dari LLP-KUKM (Lembaga Layanan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah), suatu lembaga non-profit di bawah Kementrian Negara dan Usaha Kecil dan Menengah. Lembaga ini memiliki prioritas utama dalam memperoleh pangsa pasar yang akan berdampak positif bagi perekonomian Indonesia. SMESCO Indonesia Company menerapkan sistem pengelolaan keuangan untuk Badan Layanan Umum. Lembaga ini dipimpin oleh Ahmad Zabadi, SH, MM sebagai President Director, Bagus Rachman, SE, Mec sebagai Director of Bussines and Marketing dan Sitti Darmawasita sebagai S.T, M.Si Director of Finance and General.

SMESCO UKM Festival

Tahun ini adalah ke-13 kalinya UKM Festival diadakan. Target pagelaran ini adalah 5% lebih tinggi daripada tahun lalu. Di mana pada tahun 2014 lalu, UKM Festival menarik pengunjung hingga 25.000 orang dan terjadi transaksi sampai dengan Rp 20 miliar. Pada SMESCO UKM Festival kali ini memamerkan produk-produk UKM terbaik dari pilihan kurator profesional di masing-masing bidangnya. Juga akan disediakan klinik konsultasi dan pendampingan dari Kementerian dan Lembaga bersangkutan. Beberapa lembaga tersebut adalah penumbuhan kewirausahaan dari Kemenpora, Kemenaker dan Kementerian KKP, akses pembiayaan dari BRI, BNI, Bank Mandiri, Bukopin, PNM, Jamkrindo dan Askrindo), Sertifikasi HKI dari Kemenkum dan HAM dan lain sebagainya.

Acara ini pun bertujuan untuk lebih mengembangkan produktivitas juga daya saing dari UKM-UKM di Indonesia. Diharapkan agar pameran kali ini terjadi pembaharuan dan peningkatan yang memuaskan baik dari sarana dan prasarana, hasil kreatifitas UKM-UKM, kunjungan masyarakat dan daya belinya. Pameran ini juga akan menjadi ikon dan identitas dari Koperasi dan UKM Indonesia. Selain itu, dengan adanya SMESCO Festival ini diharapkan dapat menyiapkan pelaku usaha UKM Indonesia dalam menghadapi tantangan MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Target acara ini dapat menyedot partisipasi UKM-UKM di Indonesia sampai dengan 650 peserta. Menurut Emilia Suhaimi, Deputi Menteri Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha, Kementrian Koperasi dan UKM, akan ada yang spesial dan beda di SMESCO Festival kali ini. Terdapat satu area yang dinamakan dengan Gallery Indonesia WOW, berfungsi sebagai wadah bagi anak muda kreatif Indonesia agar bisa menghasilkan karya orisinil, yang belum pernah terpikirkan sebelumnya.

Jadi tunggu apa lagi? Bagi Anda para wirausahawan yang ingin melihat perkembangan usaha kecil menengah di Indonesia, inilah kesempatan bagi Anda. Jangan lupa ikuti kegiatan pameran SMESCO UKM Festival selanjutnya.

Bisnis, Bisnis 2015, Bisnis Indonesia, Daftar Waralaba, Franchise Makanan, Indonesia Waralaba, Makanan Lokal, Peluang Bisnis, Pengertian Waralaba, Ukm Bisnis, Usaha Makanan,

Member Banner

Google Analytics Alternative