Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Berita / Artikel

Waralaba Indonesia yang Sukses di Kancah Internasional

Administrator Waralaba Makanan Dilihat 1613 kali

Semakin hari Indonesia bergerak semakin maju, itu diakibatkan dari warga masyarakatnya juga. Sekarang ini banyak sekali waralaba Indonesia yang sukses di kancah internasional. Waralaba lokal ini mulanya hanya berbasis di area-area Indonesia saja, kemudian mereka mampu menaklukan pangsa luar negeri yang mungkin masih menjadi momok bagi masyarakat awam.

Bicara soal bisnis memang tak ada matinya. Bisnis makanan (franchise) atau waralaba terutama. Bisnis ini disebut salah satu bisnis yang punya peluang paling besar, tentu saja karena kebutuhan tentang pangan manusia yang tak pernah berhenti. Risiko di bisnis ini pun tidak bisa dihilangkan, namun bisa di minimalisir. Ternyata usaha waralaba yang hanya lokal di Indonesia saja, tingkat kesuksesan hanya 60%, berbeda dengan usaha waralaba di luar negeri. Di Amerika, usaha ini memiliki tingkat kesuksesan hingga 90%. Hal ini kaitannya dengan tingkat konsumsi masyarakat. Menilik hal yang demikian ini, jadi apa yang membuat kita ragu untuk berbisnis waralaba sampai dengan luar negeri? Ini dia beberapa waralaba Indonesia yang telah sukses menaklukan pangsa internasional.

Es Teller 77

Awal diwaralabakan restoran ini adalah tahun 1987. Kini Es Teller 77 telah memiliki gerai hingga 180 di seluruh Indonesia. Untuk di luar negeri sendiri telah mencapai negara Singapura, Malaysia, Australia hingga India. Hidangan utama di restoran ini tentunya adalah es teler, yang merupakan minuman khas dari Indonesia. Selain itu makanan khas lainnya juga tersedia, seperti nasi goreng dan mie ayam. Restoran ini didirikan pada tahun 1982 di Jakarta oleh  Sukyatno Nugroho berdasarkan resep racikan mertuanya Murniati Widjaja.

J.Co

Banyak orang menyangka bahwa franchise ini bukanlah asli lokal, ternyata kita semua salah. Berdiri pada tanggal 26 Juli 2005, kini franchise ini telah menjelma menjadi waralaba skala internasional. Beberapa negara yang telah dicapai oleh J.Co adalah Malaysia, Singapura, Filipina dan Tiongkok. Restoran cepat saji ini mengkhususkan diri dalam produk donat, kopi dan yoghurt beku. Total J.Co telah memiliki gerai hingga 34 se-asia. Pendiri waralaba ini adalah Johnny Andrean.

Bumbu Desa

Restoran makanan khas Sunda ini telah berkembang hingga kancah internasional. Siapa sangka dalam kurun waktu yang relatif singkat, restoran Bumbu Desa telah mencapai negara-negara tetangga. Negara itu adalah Malaysia, Singapura dan Australia. Didirikan baru pada September 2004, kini Bumbu Desa telah memiliki 50 gerai di Indonesia, dan 8 gerai di luar negeri.

Pecel Lele Lela

Begitu pula dengan franchise ini. Pecel Lele Lela telah berhasil mengekspansi 12 provinsi di Indonesia. Kemudian kini telah berhasil mendirikan 3 buah gerai di negara tetangga, Malaysia. Makanan ini diusung oleh Rangga Umara yang mana menginginkan adanya restoran dengan menu yang khas Indonesia.

Ayam Bakar Mas Mono

Dan satu lagi bisnis makanan yang berhasil go international, yaitu Ayam Bakar Mas Mono. Didirikan pada tahun 2001, kini franchise ini telah bisa kita jumpai di Malaysia. Dengan total gerai lebih dari 15, Ayam Bakar Mas Mono optimis bisa lebih menaklukan negara-negara lainnya segera mungkin.

Itulah tadi beberapa waralaba Indonesia yang telah sukses menaklukan kancah internasional. Semoga artikel ini bisa menambah motivasi Anda untuk pantang menyerah dalam berwirausaha. Semoga sukses dan semangat enterpreuner untuk Anda!

Bisnis, Bisnis 2015, Bisnis Indonesia, Daftar Waralaba, Franchise Makanan, Indonesia Waralaba, Makanan Lokal, Peluang Bisnis, Pengertian Waralaba, Ukm Bisnis, Usaha Makanan,

Member Banner

Google Analytics Alternative