Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Berita / Artikel

Kegigihan Pengusaha Muda yang Sukses

Administrator Waralaba Makanan Dilihat 922 kali

Untuk menjadi seorang pengusaha muda yang sukses tentunya harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Sifat percaya diri ini bisa membuat seorang pengusaha menjadi lebih yakin terhadap apa yang akan dikerjakan pada usahanya. Dengan rasa percaya diri inilah yang dapat membawa seorang pengusaha muda untuk terus maju melewati berbagai tahapan dalam bisnisnya, dalam keadaan bisnis sedang baik maupun dalam keadaan buruk. Setiap keadaan hendaknya dijadikan pelajaran dan cerminan untuk tidak melakukan kesalahan yang sama.

Hal yang Dilakukan Pada Saat Memulai Bisnis

Bicara tentang bisnis biasanya dikaitkan dengan sesuatu yang besar, konsumen yang besar, keuntungan yang besar. Padahal kegiatan jual beli dalam lingkup yang kecil pun bisa dibilang bisnis. Untuk menjadi pengusaha muda yang sukses tentu ada hal – hal yang perlu diterapkan dan dilakukan pada saat melakukan usaha. Beberapa diantaranya adalah :

Keyakinan

Setiap manusia pasti memiliki keyakinan, mulai dari keyakinan pada Tuhan, keyakinan pada diri sendiri, keyakinan akan suatu hal. Keyakinan ini memang bersifat lebih luas. Namun, untuk menjadi pengusaha muda yang sukses, Anda harus memiliki keyakinan. Keyakinan yang kuat yang Anda miliki akan menjadi kekuatan Anda. Yakinlah bahwa Anda mampu menjalankan bisnis yang Anda punya dengan sukses. Selain memiliki keyakinan pada Tuhah Yang Maha Esa coba bentuklah keyakinan yang kuat dari dalam diri Anda untuk menjadi pengusaha muda yang sukses.

Konsisten dan Fokus

Misalnya Anda baru saja memulai bisnis makanan. Namun, belum sampai seminggu Anda jalankan bisnis Anda sudah merasa gagal dan mundur. Untuk menjadi pengusaha muda yang sukses, bukanlah semudah membalikkan telapak tangan. Semua butuh proses dan kegigihan. Terus konsisten melakukan usaha apa yang Anda kerjakan. Coba cari tahu penyebab kegagalan Anda. Mulailah lagi dengan cara yang berbeda. Fokuslah terhadap bisnis yang sedang  Anda kerjakan.

Inovasi

Membuat inovasi ataupun perubahan mungkin kedengarannya sulit. Namun, paling tidak Anda bisa memikirkan apa bentuk inovasi atau terobosan baru yang bisa Anda terapkan pada bisnis Anda. Cobalah munculkan ide kreatif Anda lalu terapkan pada bisnis yang anda punya. Coba lihat respon masyarakat positif atau negatif, teruskanlah inovasi tersebut apabila positif dan cobalah untuk mencari ide cemerlang lainnya apabila respon masyarakat negatif terhadap apa yang Anda tawarkan itu.

Bentuk Tim yang Solid

Apabila bisnis Anda melibatkan banyak orang di dalamnya, cobalah menjadikan tim tersebut seperti keluarga Anda sendiri. Bentuklah lingkungan yang menyenangkan sehingga orang yang bekerja dengan Anda akan merasa nyaman apabila dipimpin oleh pemimpin seperti Anda. Lingkungan kerja sudah seperti rumah kedua bagi para pekerja, bentuklah lingkungan rumah pada pekerja yang bekerja pada Anda.

Disiplin

Dispilin ini bisa dimulai dengan menjadwalkan aktivitas setiap harinya. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Mulailah pagi Anda dengan tujuan. Tujuan untuk memajukan bisnis, atau merekrut pegawai tambahan. Buatlah jadwal, dan patuhi jadwal yang Anda miliki.

Perbanyak Relasi

Sejak bersekolah tentunya Anda mulai bersosialisasi dan memiliki teman. Jalinlah hubungan baik dengan teman – teman Anda. Mulai dari tetangga rumah, teman sekolah, teman kuliah ataupun teman orang tua Anda. Kelak dari teman – teman Anda dapat mendapat ide tau saran – saran yang membangun bisnis Anda.

Berdoa

Anda sudah melakukan hal – hal yang disebutkan di atas namun Anda merasa belum sukses. Mungkin Anda kurang berdoa. Ingatlah sebesar apapun usaha Anda tetap Tuhan yang menentukan. Namun Anda tidak perlu berkecil hati, ketika Anda belum mengalami kesuksesan. Selalu ada hikmah dan pelajaran yang bisa diambil dari suatu kejadian.

Untuk menjadi pengusaha muda memang tidaklah mudah, apalagi untuk menjadi pengusaha muda yang sukses. Walaupun memulai bisnis pada usia muda, cobalah hilangkan sifat –sifat yang dapat merugikan pada saat menjalankan bisnis. Seperti sifat malas yang bisa berdampak pada ketidakdisiplinan dan menyebabkan tidak konsisten dan tidak fokusnya bisnis yang sedang Anda jalankan.

Menjadi pengusaha tentunya memang perlu pengorbanan. Di saat para anak muda lainnya mencari kerja dan mengharapkan gaji tinggi dan level jabatan tinggi, Anda melawan arus untuk menjadi pengusaha. Namun, selama hal itu positif dan membawa kebaikan kenapa tidak. Mulailah dari hal yang kecil, mulailah dari diri sendiri, dan mulailah dari sekarang untuk memantapkan diri menjadi pengusaha muda yang sukses.

Bisnis, Bisnis 2015, Bisnis Indonesia, Daftar Waralaba, Franchise Makanan, Indonesia Waralaba, Makanan Lokal, Peluang Bisnis, Pengertian Waralaba, Ukm Bisnis, Usaha Makanan,

Member Banner

Google Analytics Alternative