Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Berita / Artikel

Keuntungan Memilih Usaha Waralaba

Administrator Waralaba Makanan Dilihat 953 kali

Saat ini banyak yang mulai melirik bahkan merintis usaha mereka karena keuntungan memilih usaha waralaba. Apa itu usaha waralaba?. Usaha waralaba adalah suatu sistem usaha perdagangan atau distribusi barang atau jasa kepada pelanggan dengan perantara suatu individu ataupun perusahaan untuk melakukan proses usaha dengan nama, merek, prosedur dan sistem yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu dan area tertentu. Usaha ini dijalankan oleh dua pihak yaitu franchisor (pemberi waralaba) dan franchisee (penerima waralaba).

Sistem usaha waralaba sendiri pertama kali diperkenalkan oleh Isaac Singer pada tahun 1850-an. Usaha waralaba dulu lebih banyak diterapkan untuk pemasaran produk sebuah industri seperti industri otomotif. Namun sekarang usaha waralaba lebih didominasi oleh waralaba rumah makan siap saji. Hal ini dimulai ketika A&W Root Beer membuka restoran cepat saji mereka pada tahun 1919.

Lalu apa keuntungan memilih usaha waralaba?. Mungkin itu yang banyak menjadi pertanyaan dalam benak Anda saat ini. Dalam menjalankan suatu usaha sudah dapat dipastikan akan ada untung dan ruginya. Namun jangan khawatir, setelah menyimak penjelasan berikut mungkin dapat membantu menjawab pertanyaan Anda di atas.

Biaya Usaha Waralaba Sesuai Dengan Kemampuan Anda

Untuk menjalankan usaha waralaba ini hanya perlu mengeluarkan dua biaya utama untuk menjalankannya. Pertama adalah biaya awal, biaya ini merupakan biaya yang harus dikeluarkan pemilik untuk membuat tempat usaha. Kedua adalah biaya royalti, biaya ini merupakan biaya yang dibayarkan penerima waralaba kepada pemberi waralaba setiap bulannya. Biasanya biaya royalti yang dikeluarkan adalah sebesar 10%.

Usaha waralaba tak selalu harus bermodalkan besar. Banyak juga usaha waralaba yang menawarkan biaya awal yang terjangkau dengan peminat usaha (konsumen) yang tak kalah tinggi. Sekarang, tinggal Anda sendiri yang memilih mana usaha waralaba yang sesuai kemampuan Anda.

Punya Banyak Konsumen

Konsumen tentunya memegang peranan penting agar usaha waralaba Anda berjalan lancar dan menguntungkan. Jika usaha waralaba yang Anda jalankan telah memiliki nama besar dan terkenal, tentunya Anda tak perlu khawatir untuk mencari pelanggan karena pelanggan sendiri yang akan datang mencari Anda. Konsumen yang telah percaya dengan nama dagang tersebut pasti akan kembali datang dan membeli produk. Menarik bukan?.

Harga Produk Terjangkau Dengan Kualitas Pelayanan Terbaik

Usaha-usaha waralaba kini lebih memusatkan pada penawaran produk-produk dengan harga yang terjangkau. Contohnya usaha-usaha makanan dan mini outlet, dimana kedua hal tersebut menjadi yang paling banyak dicari setiap harinya. Hal ini tentunya akan makin menarik minat para calon pembeli, dengan kata lain prospek keuntungan Anda akan meningkat dan Anda akan semakin cepat dapat pengganti modal awal. Belum lagi jika Anda mampu menyediakan kualitas pelayanan yang terbaik, konsumen mana yang tak segan untuk kembali.

Mudah Dijalankan

Untuk menjalankan usaha waralaba ini terbilang sangat mudah. Anda tak perlu repot-repot untuk memikirkan strategi bisnis Anda karena Anda hanya perlu untuk menerapkan sistem yang telah ada. Dimana sistem yang telah ada tersebut terbukti menguntungkan karena jika tidak, tak mungkin Anda segan untuk mengeluarkan uang untuk membeli usaha waralaba tersebut. Strategi pengembangan di luar sistem yang telah ada juga tak salah bila ingin Anda terapkan. Namun harus selalu disesuaikan dengan usaha yang Anda jalankan.

Lantas Anda masih ragu untuk menjalankan usaha ini?. Tunggu apalagi, segera mulailah usaha Anda. Semakin cepat Anda memulai maka semakin cepat pula Anda dapat merasakan keuntungan memilih usaha waralaba.

Bisnis, Bisnis 2015, Bisnis Indonesia, Daftar Waralaba, Franchise Makanan, Indonesia Waralaba, Makanan Lokal, Peluang Bisnis, Pengertian Waralaba, Ukm Bisnis, Usaha Makanan,

Member Banner

Google Analytics Alternative