Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Berita / Artikel

Lima Hal Penting Sebelum Memulai Bisnis Waralaba di Akhir Tahun

Administrator Waralaba Makanan Dilihat 1155 kali

Bisnis waralaba merupakan kerja sama bisnis antar dua pihak, yaitu pemilik usaha serta pelaku usaha, dengan hasil atau keuntungan yang telah disepakati bersama. Salah satu bisnis waralaba yang masih diminati hingga sekarang adalah usaha di bidang kuliner. Dengan keuntungan yang menjanjikan, banyak pelaku usaha yang menjalankan bisnis franchise di bidang tersebut.

Kalau Anda tertarik dengan bisnis waralaba, akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk memulainya. Sebab, banyak orang yang memanfaatkan waktu mereka untuk berlibur di masa ini dan mengunjungi tempat makan untuk mengisi perut mereka. Sebelum memulai bisnis franchise di akhir tahun, ada baiknya kita simak hal-hal penting di bawah ini.

1. Mengikuti Aturan Franchisor

Bisnis waralaba memiliki aturan yang berbeda dengan jenis usaha lain. Salah satu aturan yang perlu kita patuhi adalah keseragaman yang menjadi ciri khas gerai franchise. Maka dari itu, Anda sebagai franchisee atau terwaralaba harus mengikuti arahan franchisor atau pewaralaba, dari standar operasi hingga sistem pemasarannya. Tak heran jika bisnis waralaba sangat diminati pengusaha pemula yang ingin bisnis instan.

2. Melek Teknologi

Berkembangnya teknologi dimanfaatkan para franchisor untuk mengembangkan bisnis mereka. Agar saat bersaing, mereka juga membekali para franchisee dengan perangkat teknologi termutakhir demi mendapatkan laba yang besar. Anda juga dituntut untuk melek teknologi agar bisa mengikuti aturan dari franchisor.

3. Mahir dalam Perhitungan

Meski bisnis waralaba terbilang instan, Anda jangan sampai lengah dalam soal perhitungan. Franchisor tentunya mengharapkan franchisee yang sanggup mengelola biaya untuk bisnis mereka. Kalau Anda sudah mahir melakukan perhitungan tersebut, maka dampaknya akan terasa juga pada hasil dan keuntungannya. Pelajarilah sebelum usaha Anda gagal.

4. Komunikasi dengan Sesama Franchisee

Hal ini sangat diperlukan, terutama jika ada masalah yang terjadi di gerai franchise Anda dan sulit menghubungi bagian pusat. Setelah membuka gerai baru, pastikan Anda mengetahui nomor kontak gerai franchise terdekat. Jalinlah komunikasi yang baik dengan sesama rekan kerja. Sehingga, jika Anda maupun mereka mengalami masalah, kontak tersebut dapat dijadikan rujukan utama untuk saling membantu. Terutama di hari-hari sibuk menjelang akhir tahun.

5. Mengamati Komunitas Lokal

Sebagai pelaku usaha, Anda harus aktif dalam bersosialisasi dengan masyarakat setempat. Selain mempromosikan produk, Anda juga dapat bergabung dengan komunitas lokal. Sebab, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari hal tersebut. Beberapa di antaranya adalah kemudahan untuk membangun stan pada acara tertentu hingga menjadi sponsor utama dari komunitas lokal tadi. Selain menambah teman, laba yang didapatkan pun semakin besar.

Itulah lima tips yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis waralaba di akhir tahun. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Bisnis, Bisnis 2015, Bisnis Indonesia, Daftar Waralaba, Franchise Makanan, Indonesia Waralaba, Makanan Lokal, Peluang Bisnis, Pengertian Waralaba, Ukm Bisnis, Usaha Makanan,

Member Banner

Google Analytics Alternative