Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Berita / Artikel

Empat Jenis Usaha Kecil yang Sedang Berkembang Pesat di Indonesia

Administrator Waralaba Minuman Dilihat 3254 kali

Di Indonesia, minat masyarakat untuk memulai sebuah bisnis semakin besar. Hal tersebut terlihat dari maraknya pebisnis sukses di usia muda, seminar-seminar bisnis, hingga buku how-to yang tersebar di toko-toko. Kendati begitu, bisnis sebenarnya dapat dibangun dari usaha kecil. Semakin giat usaha tersebut dipelihara, semakin pesat pula perkembangannya.

Di bawah ini ada beberapa jenis usaha kecil yang sedang tumbuh besar di Indonesia.

1. Usaha Kuliner

Kuliner masih menjadi bidang favorit yang digeluti oleh para penggiat bisnis. Untuk memulainya, kita tidak perlu langsung membuat restoran besar. Bidang ini ternyata bisa dimulai dari usaha kecil seperti menjual jajanan pasar yang sudah jarang ditemukan. Dengan modal yang lebih besar, kita bisa menggunakan media lain seperti gerobak untuk menjajakan es krim atau gorengan. Usaha kecil ini mungkin tampak sederhana, tetapi masih diminati banyak orang. Terutama bagi mereka yang tinggal di daerah atau pinggiran kota.

2. Usaha Jasa

Beberapa usaha kecil di bidang jasa yang sudah akrab di telinga kita antara lain adalah pengurusan surat izin seperti SIM, surat izin kendaraan, hingga dokumen-dokumen penting lainnya. Namun, bisnis jasa ternyata lebih luas cakupannya. Bagi mereka yang memiliki soft skill seperti penerjemahan, desain grafis, pemograman, atau membuat website dapat ‘menjual’ keterampilan tersebut ke masyarakat. Biasanya, orang-orang dengan soft skill akan bekerja sebagai pegawai tetap maupun freelancer. Semakin mereka lihai dalam menguasai keterampilan tersebut, semakin tinggi pula bayaran jasanya.

3. Usaha Agrobisnis

Agrobisnis adalah usaha yang berkaitan dengan pertanian atau peternakan. Umumnya, bisnis ini ditemukan di wilayah pedesaan atau pegunungan. Untuk memulai usaha ini, kita tidak perlu langsung membeli hewan-hewan besar seperti sapi atau kerbau. Kita dapat mengawalinya dengan beternak hewan kecil, seperti jangkrik atau unggas seperti ayam atau bebek. Jika kita punya kolam yang tidak terpakai, tempat tersebut dapat diubah menjadi tambak untuk memulai usaha ternak ikan seperti lele atau gurame. Selain hewan, kita juga dapat memanfaatkan lahan kosong untuk berkebun sayur-mayur atau buah-buahan. Usaha kecil di bidang ini cukup menggiurkan, karena hasilnya sangat dibutuhkan, terutama untuk kuliner.

4. Usaha Online

Salah satu bisnis yang sedang berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir adalah usaha online. Contoh yang paling sering ditemukan adalah bisnis game online yang menggantikan pamor warnet (warung internet). Kini, bisnis online pun dapat dimulai dari usaha-usaha kecil. Misalnya dengan memanfaatkan akun media sosial seperti Twitter, Facebook, atau Instagram untuk memasarkan dagangan kita. Banyak keuntungan yang didapatkan dari bisnis online. Di antaranya adalah kita tidak perlu membuka  toko fisik dan bisa bekerja di mana dan kapan saja.

Bisnis, Bisnis 2015, Bisnis Indonesia, Daftar Waralaba, Franchise Makanan, Indonesia Waralaba, Makanan Lokal, Peluang Bisnis, Pengertian Waralaba, Ukm Bisnis, Usaha Makanan,

Member Banner

Google Analytics Alternative