Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Berita / Artikel

Manfaat Mengikuti Pameran Waralaba Menjelang Natal

Administrator Waralaba Makanan Dilihat 645 kali

Menjelang Natal di akhir tahun 2015, banyak pameran waralaba dilaksanakan di berbagai tempat. Seperti halnya pameran lain, acara tersebut memiliki banyak manfaat, terutama bagi para pebisnis franchise. Sebagian di antaranya bahkan didukung penuh oleh pemerintah, sehingga sayang sekali kalau terlewat begitu saja. Sebab, ada banyak manfaat yang akan diperoleh para pebisnis waralaba yang mengikuti pameran tersebut, seperti yang disebutkan di bawah ini.

1. Wadah Pengenalan Produk

Semakin besar skala pameran yang diikuti, akan semakin banyak pula pengunjung yang datang. Para pebisnis waralaba sebaiknya jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Kemaslah produk yang ingin dikenalkan pada masyarakat sebaik dan semenarik mungkin. Gunakan juga media lain seperti jejaring sosial untuk membagikan informasi kalau produk tersebut dijual secara terbatas di pameran tadi. Jangan lupa pasang strategi promosi yang bagus di stan pameran tersebut untuk menarik banyak pengunjung.

2. Mengukuhkan Imej Waralaba

Ternyata, frekuensi pewaralaba yang mengikuti pameran akan berpengaruh pula terhadap bisnisnya. Dengan mengikuti pameran secara rutin, nama bisnis dan imejnya pun akan semakin dikenal oleh masyarakat luas. Jadi, sebenarnya para pewaralaba tidak perlu gengsi untuk mengikuti pameran, meski skalanya terbilang kecil. Bahkan dengan mengikuti pameran berkualitas, masyarakat akan semakin percaya dengan produk yang dipasarkan oleh perawalaba tersebut.

3. Menggali Informasi Kompetitor

Dengan mengikuti pameran waralaba, para pengusaha dapat mengetahui bagaimana perkembangan dan track record pesaingnya secara langsung. Dalam acara tersebut, mereka dalam mendapatkan data seperti harga produk, kualitas, pelayanan, hingga inovasi yang sudah mereka kembangkan. Dari data-data tersebut, para pewaralaba dapat menjadikannya sebagai bahan evaluasi. Sehingga pewaralaba dapat memperbaiki beberapa kesalahan yang sudah dilakukan, sekaligus menjadi acuan untuk terus bersaing secara sehat dengan sang kompetitor.

4. Riset Tren di Pasaran

Kebutuhan masyarakat bisa berubah setiap waktu. Pada pameran tersebut, para pebisnis waralaba dapat melakukan riset untuk mengetahui sejauh mana perubahan minat di pasaran. Selain itu, para pewaralaba juga bisa mengetahui secara langsung produk mana yang sudah ketinggalan zaman dan mana yang akan menjadi tren di tahun berikutnya. Dari data tersebut, para pengusaha bisa merancang strategi baru untuk usaha waralaba mereka nanti.

5. Menilai Kualitas Tim

Biasanya, kinerja tim akan tampak semakin jelas di lapangan. Dalam pameran ini, pewaralaba dapat menilai sejauh mana para anggota dalam timnya mengurus bisnis tersebut. Misalnya, cara mereka merancang strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan produk waralaba. Di akhir acara nanti, pihak teratas dapat mengadakan evaluasi akhir. Penilaian tersebut tentunya bertujuan untuk memperbaiki serta mendorong semangat tim untuk bekerja. Jika tim kerja itu bagus, mereka dapat mengurus pameran waralaba selanjutnya.

Bisnis, Bisnis 2015, Bisnis Indonesia, Daftar Waralaba, Franchise Makanan, Indonesia Waralaba, Makanan Lokal, Peluang Bisnis, Pengertian Waralaba, Ukm Bisnis, Usaha Makanan,

Member Banner

Google Analytics Alternative