Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Berita / Artikel

Contoh Event di Akhir Tahun untuk Memulai Bisnis di Indonesia

Administrator Waralaba Minuman Dilihat 866 kali

Minggu-minggu menjelang Natal dan Tahun Baru sering digunakan para pengusaha untuk membuka bisnis di akhir tahun. Masa liburan sekolah dan hari raya besar dimanfaatkan banyak orang untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman. Maka tidak heran kalau Anda melihat area-area publik seperti mal atau tempat wisata yang dipadati pengunjung. Peluang ini lantas bisa Anda manfaatkan untuk menjual produk dan mendapatkan keuntungan yang berlipat.

Lantas, acara apa saja yang bisa Anda tiru untuk membuka peluang berjualan tersebut?

Garage Sale (Cuci Gudang)

Banyak pihak, dari butik ternama hingga toko buku, yang mengadakan garage sale dengan diskon besar-besaran di akhir tahun. Biasanya mereka menjual produk yang sudah dirilis beberapa bulan sebelumnya, tetapi tidak terlalu diminati oleh pasar. Meski bekas, bukan berarti Anda tidak akan memperoleh produk berkualitas. Selain itu, beberapa toko juga menggunakan taktik seperti Buy 1 Get 1 atau potongan harga untuk item-item tertentu yang sanggup menarik minat konsumen.

Lantas, Anda juga bisa mencoba ajang garage sale ini di rumah sendiri. Apalagi, kalau Anda memiliki koleksi barang yang cukup banyak. Misalnya gaun-gaun pesta yang sudah tidak muat dipakai atau textbook semasa kuliah yang tidak dibaca lagi. Anda bisa menjualnya langsung dengan memajangnya di halaman rumah atau mengunggahnya di jejaring sosial. Jangan pasang harga yang terlalu murah.

Festival Makanan

Usaha kuliner adalah salah satu bisnis di akhir tahun yang paling banyak diminati orang. Di masa-masa liburan, Anda akan lebih sering menemukan festival makanan. Tempatnya pun beragam, dari mal hingga taman-taman kota. Para pengusaha kuliner biasanya memanfaatkan momen tersebut untuk mempromosikan produk mereka kepada konsumen. Mereka akan menawarkan potongan harga hingga sampel gratis supaya calon pembeli mengunjungi stan.

Jika Anda jago memasak, tidak ada salahnya untuk mengikuti acara tersebut. Namun, Anda tentunya harus mempersiapkan biaya untuk menyewa stan di sana. Anda juga jangan cepat minder kalau masih terbilang baru dan takut kalah bersaing dengan stan terkenal. Selama Anda mempromosikannya dengan gencar dan tepat, pasti produk Anda pun akan dilirik para konsumen.

Pemandu Wisata

Selain menjual produk, Anda juga dapat menjajakan jasa sebagai pemandu wisata atau tour guide kepada para wisatawan. Keahlian yang perlu Anda kuasai adalah mengenal kota atau daerah serta destinasi wisatanya dan bahasa asing (jika turis datang dari luar negeri). Selain itu, Anda juga harus tampak menyenangkan dan membuat mereka senyaman mungkin saat sedang jalan-jalan. Berikan juga kesan mendalam bagi para turis. Sehingga, saat Anda membuka bisnis di akhir tahun di periode berikutnya, mereka akan kembali menggunakan jasa Anda saat berkunjung ke tempat tersebut.

Bisnis, Bisnis 2015, Bisnis Indonesia, Daftar Waralaba, Franchise Makanan, Indonesia Waralaba, Makanan Lokal, Peluang Bisnis, Pengertian Waralaba, Ukm Bisnis, Usaha Makanan,

Member Banner

Google Analytics Alternative