Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Tokoh Artikel

Martha Tilaar

CEO Sariayu Martha Tilaar, Pengusaha

Martha Tilaar terlahir di KebumenJawa Tengah pada tanggal 4 September 1937 adalah seorang pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang kosmetika dan jamu dengan nama dagang Sariayu.  Bekerja sama dengan Kalbe Farma, ia membuat perusahaan kosmetika dan jamu Martina Berto. Selain itu ia juga memiliki usaha kerajinan di SentoloYogyakarta bernama Prama Pratiwi Martha Gallery. Ia juga memiliki Kampung Jamu Organik di CikarangBekasi.

Dibalik kesuksesan besar produk Sariayu terdapat nama sang pendirinya, Martha Tilaar, yang merupakan tokoh kunci perusahaan tersebut bisa berkembang pesat hingga saat ini. Ia adalah sosok wanita Indonesia yang sangat inspiratif dengan semua kisah usaha serta perjuangannya. Tidak hanya dalam membesarkan kerajaan bisnisnya, ia juga dikenal dengan kisah hidupnya yang menarik serta inspiratif.

Menikah dengan keturunan ningrat  H.A.R Tilaar dan harus ikut berpindah ke Amerika Serikat menjadikannya sosok yang ingin terus belajar. Demi mewujudkan ketertarikannya terhadap dunia kecantikan hingga ia melanjutkan kuliah di Academy of Beauty Culture, Bloomington, Indianan serta World University Tuscon, Arizona, AS , bidang ”Fashion and Artistry” yang mengantarkannya bisa mewujudkan kesuksesan saat ini. kesuksesannya saat ini tidak sebanding dengan kisah kehidupan keluarganya. setelah menikah ia dan suami sempat hampir putus asa dengan vonis mandulnya Martha Tilaar hingga 11 tahun lamanya sebelum pasangan ini memiliki empat orang hingga saat ini bernama Bryan Emil Tilaar, Pinkan Tilaar,Wulan Tilaar,Kilala Tilaar.

Pada tahun 1977, PT Matina Berto berdiri sebagai industri rumah dengan produk bermerek Sariayu. Pada tahun 1981, perusahaan mendirikan pabrik modern pertama di Pulo Ayan, Pulogadung Industrial Estate. Pada tahun 1986, pabrik kedua didirikan pada Pulo Kambing, Pulogadung Industrial Estate.

Pada tahun 1993, perusahaan mengakuisisi pabrik kosmetik PT Cedefindo sebagai manufaktur kontrak untuk internal dan eksternal. Pada tahun 1995, PT Martina Berto III didirikan di Gunung Putri, Bogor. Pada tahun 1996 PT Martina Berto menjadi pabrik kosmetik pertama di Indonesia yang memperoleh 9001 certification.In ISO 2000, perusahaan ini menjadi satu-satunya pendiri Global Compact PBB dari Asia, juga mendapatkan sertifikat ISO 14001 dan sertifikat GMP: CPKB (Cara Produksi kosmetika Yang Baik) dan CPOTB (Cara Produksi Obat Tradisional Yang Baik). Pada tahun 2008, ia dianugerahi "Most Admired Enterprise di ASEAN" kategori 'Inovasi' dari Asean Bussiness Forum.

Tokoh Artikel Lainnya

Member Banner

Google Analytics Alternative