Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Berita / Artikel

8 Kriteria Waralaba

Administrator Usaha Kecil dan Menengah Dilihat 861 kali

Ketua (AFI) Asosiasi Franchise Indonesia, Anang Sukandar, mengatakan bahwa saat ini jenis usaha kemitraan, atau yang dikenal sebagai business opportunity (BO) memang lebih dominan ditemukan dibandingkan dengan jenis waralaba / franchise.

Ada pun delapan kriteria waralaba. Pertama, usahanya harus terbukti sudah mencapai kesuksesan. Kedua, mempunyai keunikan khusus mengenai produk waralaba yang dirintis. Ketiga, harus memiliki prototipe. Keempat adalah sudah distandarisasi oleh lembaga pemerintahan. Kelima, harus menguntungkan dalam menjalaninya. Keenam, mudah dipindahkan ke orang lain yang belum mengenal usaha tersebut / oper franchise. untuk kriteria Ketujuh, setiap usaha yang mau menjadi waralaba haruslah mempunyai target konsumen. yang Kedelapan, harus pada pertumbuhan / pemapanan.

Walaupun demikian, mewabahnya bisnis kemitraan di Indonesia tetap perlu menjadi topik penting oleh pemerintah. Bisnis BO harusnya diarahkan ke waralaba, tidak langsung kemitraan karena belum matang. Memang peluang bisnisnya besar bagi BO, tetapi masalah pada banyak yang berkeluh kesah merasa ditipu oleh bisnis BO. pentingnya suatu usaha harus dijadikan waralaba karena dengan demikian mampu mengatasi dua kendala, yaitu SDM (sumber daya manusia) dan resiko pendanaan. kapitalisasi dari suatu usaha bisnis, misalnya kafe yang ingin berkembang hingga 90 gerai, jika memakai modal sendiri akan terasa berat, namun jika dengan waralaba akan lebih mudah.

 

Waralaba, Bisnis, Usaha,

Member Banner

Google Analytics Alternative