Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Berita / Artikel

Bisnis Waralaba

Administrator Usaha Kecil dan Menengah Dilihat 1307 kali

Di Indonesia. bisnis waralaba adalah salah satu jenis bisnis yang sudah menjamur dimana – mana. Para pemilik modal besar menanamkan modalnya untuk berbisnis waralaba karena bisnis tersebut dapat mendatangkan untung yang lumayan banyak. Dengan syarat dan cara yang lumayan mudah untuk memulainya. Tak luput juga prospek dari bisnis waralaba yang menjanjikan. Istilah franchise juga marak di kalangan para pembinis. Franchising merupakan suatu aturan promosi atau pemasaran yang di laksanakan dua pihak dengan menyetujui perjanjiannya. Dua pihak tersebut yaitu terwaralaba dan pewaralaba, terwaralaba adalah pelaku bisnis yang yg di beri hak dan wewenang dari pewaralaba. Pewaralaba adalah pemilik usaha franchise yang berwenang dalam memberi hak dan aturan dalam menjalankan bisnisnya.

Definisi waralaba yaitu suatu aturan sistem, usaha dan promosi dengan tujuan agar dapat meluaskan dan mengembangkan relasi atau jaringan usaha dalam membentuk sebuah jasa dan produk. Dapat juga di pahami dengan suatu bisnis guna memenuhi kebutuhan pembeli secara masiv. terminologi yang berhubungan dengan waralaba: Franchisor dan Franchise, Franchisor yaitu suatu perorangan atau badan usaha memberikan wewenang kepada pihak kedua dalam menggunakan HKI (Hak Kekayaan Intelektual) atau usaha yang di punyai. Franchise yaitu suatu individu atau usaha yang di beri wewenang atau hak untuk menggunakan HKI (Hak Kekayaan Intelektual) yang dimiliki pemberi wewenang tersebut.

Bisnis waralaba adalah suatu solusi untuk finansial para pemilik modal besar, juga dapat di jadikan solusi terbaik untuk merintis sebuah usaha, waralaba juga tentunya sudah mempunyai brand yang cukup terkenal, namun perlu di perhatikan lagi hal-hal dalam memilih bisnis waralaba, karena memilihnya tak semudah membalikkan tangan. Baiknya lakukan dulu beberapa penelitian atau riset untuk mengetahui kelayakan waralaba yang dipilih. Biaya untuk memulai waralaba pun relatif bermacam-macam, dimulai dari biaya awal,10 juta rupiah hingga 1 milyar. Biaya tersebut di gunakan sebagai pengeluaran yang digunakan oleh pemilik waralaba untuk menciptakan tempat bisnis sesuai spesifikasi pengwaralaba dan dana penggunaaan HKI. Biaya royalti diberikan pemegang waralaba tiap bulan dari keuntungan operasional, jumlah royalty sekitar 5-15 persen dari omset yang di dapat. Tapi biasanya biaya royalti tersebut yaitu 10 persen, jika lebih dari itu biaya yang digunakan untuk promosi atau pemasaran harus di pertanggungjawabkan. Waralaba di Indonesia yang paling banyak meraup keuntungan yaitu waralaba di bidang kuliner, retail dan informasi, misalnya CFC, Paparons, Indomare, Alfamart dan lain lain. Contoh waralaba di bidang pendidikan yaitu seperti English First, ILP dan Direct English. Jika modal yang di punya sedikit sebaiknya memulai usaha waralaba untuk makanan dan minuman, jasa laundry, dan kecantikan. Sebelum memulainya pikirkan secara matang-matang tentang modal dana dan gaji karyawan.

Bisnis, Waralaba, Modal,

Member Banner

Google Analytics Alternative