Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Berita / Artikel

Cara Memulai Usaha Waralaba Makanan

Administrator Usaha Kecil dan Menengah Dilihat 2333 kali

Usaha waralaba makanan yang ada di sekitar anda, membuat anda ingin menekuninya juga. Jika benar demikian, anda perlu meyakinkan diri anda akan niat dan keinginan anda tersebut sebelum anda benar-benar merealisasikannya dalam bentuk gerai atau restoran kuliner. Jika anda termasuk orang baru yang ingin membuka usaha waralaba makanan di tempat anda, ada baiknya anda memperhatikan pola sistem berikut agar nantinya usaha yang anda tekuni tidak macet di tengah jalan.

Sistem Waralaba

Jika anda seorang yang baru di bisnis kuliner, umumnya anda akan mencari beberapa agen atau pengusaha bidang kuliner yang menjalankan usahanya dalam sistem franchise atau sistem mitra. Dalam hal ini, sistem mitra mungkin akan terasa lebih aman dibandingkan dengan sisem franchise. Anda dapat pelan-pelan belajar mengenai ilmu yang behubungan dengan dunia kuliner. Melalui sistem waralaba yang ada, jika anda berniat bergabung dalam usaha kuliner dengan pola kerjasama, alangkah baiknya jika anda mempelajari:

    •    Poin-poin kesepakatan antara pihak yang menyediakan sistem kemitraan atau franchise dengan anda sebagai pelaku bisnis usaha waralaba makanan. Anda harus meneliti semua poin yang biasanya akan dituangkan dalam bentuk perjanjian bermaterai hitam diatas putih, untuk menghindarkan anda dari segala bentuk penipuan atau sistem pembagian keuntungan yang tidak seimbang.

    •    Fasilitas apa saja yang akan anda dapatkan dari melakukan kerjasama untuk anda membuka usaha waralaba makanan. Fasilitas yang anda dapatkan dari mitra anda, hendaknya sebanding dengan nilai modal yang anda berikan. Begitu pula dengan keuntungan yang akan anda raih begitu anda serius menekuni usaha kuliner tersebut.

    •    Poin pembagian keuntungan. Beberapa pengusaha kuliner umumnya mengalami permasalahan di tengah jalan dengan sistem franchise atau kemitraan, karena diawal usaha, mereka tidak paham atau mengetahui pasti sistem pembagian keuntungan dari usaha waralaba makanan. Karena awalnya usaha seperti ini, umumnya berasal dari sistem musyawarah atau kekeluargaan.       

Sistem Pribadi

Dengan sistem yang satu ini, umumnya usaha waralaba makanan akan dilakukan oleh orang-orang yang bermodal kecil dan memiliki lingkup konsumen terbatas. Dapat juga pengusaha kelas menengah yang ingin lepas dari sistem franchise atau sistem kemitraan karena yakin akan kemampuan ekonomi yang dimilikinya. Jika anda tergolong orang yang memiliki usaha waralaba makanan atas dana pribadi, sebaiknya anda tetap meminta bantuan konsultan keuangan atau memiliki karyawan yang anda percaya untuk mengatur pembukuan anda. hal tersebut penting anda lakukan untuk menghindari kesalahan dalam penyediaan bahan atau kesalahan penghitungan laba yang justru akan berakiba kerugian bagi anda. Dengan pengusaan pengetahuan mengenai sistem usaha kuliner yang ada, semoga hal tersebut dapat menjadi pertimbangan, jika anda berniat membuka usaha waralaba makanan.

Bisnis, Bisnis 2015, Bisnis Indonesia, Daftar Waralaba, Franchise Makanan, Indonesia Waralaba, Makanan Lokal, Peluang Bisnis, Pengertian Waralaba, Ukm Bisnis, Usaha Makanan,

Member Banner

Google Analytics Alternative