Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Berita / Artikel

Manisnya Investasi Bisnis Waralaba

Administrator Ekonomi Dilihat 1993 kali

Tak kenal maka tak sayang, begitulah kata orang. Begitu pula halnya dengan bisnis waralaba, terutama bisnis waralaba makanan dan minuman. Bagaimana kita akan memulai suatu bisnis tanpa kita paham benar apa dan bagaimanakah bisnis tersebut berjalan. Pemahaman akan bisnis ini dapat kita gunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan langkah investasi. Sehingga kita tidak akan memiliki keraguan dalam berinvestasi di bisnis waralaba ini.

Definisi Waralaba

Waralaba yang dalam bahasa aslinya adalah franchise merupakan hak yang di berikan dari pengwaralaba, disebut juga franchisor atau pemilik bisnis kepada pewaralaba, disebut juga franchisee atau penerima bisnis waralaba. Tujuan dari pemberian hak ini adalah agar pihak lain, dalam hal ini franchisee dapat melakukan bisnis dan pendistribusian produk atau jasa pelayanan yang dimiliki oleh pengwaralaba kepada konsumen. Sehingga pewaralaba atau penerima waralaba berhak menggunakan baik nama merek, jenis usaha, prosedur kegiatan dan sistem yang sama dengan pengwaralaba atau pemilik waralaba.

Dengan demikian penerima atau pengguna waralaba hanya di bebankan waralaba fee saja, bukan mempersiapkan sendiri serangkaian prosedur pengadaan produk dan jasa layanan. Dengan kata lain bisnis investasi ini memerlukan modal yang cenderung lebih kecil bila dibandingkan jika mereka membuat brand atau merek serta menciptakan produk dan jasa layanan sendiri. Hal tersebutlah yang memicu bisnis ini menjadi trend dikalangan masyarakat secara tidak langsung. 

2 Jenis Waralaba

Berdasarkan bentuknya, bisnis waralaba terbagi menjadi dua, yaitu waralaba produk dan waralaba jasa. Waralaba produk, merupakan bisnis waralaba yang memberikan hak kepada penerima walaba atau pewaralaba untuk melakukan pendistribusian atas produk yang dimiliki oleh pengwaralaba. Sedangkan waralaba jasa, merupakan bisnis usaha waralaba yang memberikan hak kepada pewaralaba untuk melakukan pendistribusian atas jasa pelayanan yang dimiliki oleh pengwaralaba.

Ada banyak sekali jenis-jenis waralaba produk dan waralaba jasa. Namun dari sekian banyak jenis waralaba yang ada, bisnis waralaba makanan dan minuman masih menjadi trend yang populer di masyarakat, khususnya bagi pihak-pihak yang terjun dan berkecimpung di dunia bisnis waralaba ini. Tidak dapat dipungkiri hal ini dikarenakan bisnis waralaba makanan dan minuman bisa didapatkan dengan modal yang bervariatif bahkan dengan modal terbatas sekalipun. Selain itu juga bisnis waralaba makanan dan minuman adalah bisnis dengan cashflow harian yang cenderung lebih lancar bila dibandingkan bisnis waralaba lainnya. Dan jika jika ditunjang dengan strategi tempat usaha dan strategi pemasaran yang baik, bisnis waralaba makanan dan minuman dapat mempercepat BEP (break even point).

Paket Investasi

Dalam bisnis waralaba makanan dan minuman, para pengwaralaba memberikan bermacam-macam paket investasi yang menarik bagi calon pewaralabanya. Mulai dari bentuk desain booth makanan dan minuman yang sangat menarik hingga sistem paket yang ditawarkan mulai dari yang standart hingga eksklusif. Pada umumnya mereka menawarkan 3 atau bahkan 4 paket investasi mulai dari paket investasi waralaba yang termurah, ekonomis dan hemat hingga paket investasi waralaba yang ekslusif.

Hal ini memberikan keuntungan bagi para pewaralaba karena mereka dapat menyesuaikan paket investasi dengan area atau tempat yang akan mereka gunakan untuk usaha. Misalkan dengan tempat usaha di area pembelanjaan eksklusif, pewaralaba dapat memilih paket investasi waralaba yang juga eksklusif, tentunya juga dengan desain booth yang lebih lengkap dan menarik konsumen.

Sedangkan jika para pewaralaba menyasar segmen menengah ke bawah, mereka pun dapat mengambil paket investasi ekonomis atau standar. Sehingga dapat menyesuaikan budget masing-masing pewaralaba.

Perkembangan bisnis waralaba ini semakin meningkat dari waktu ke waktu, tidak hanya waralaba untuk produk-produk dan jasa lokal, melainkan juga produk dan jasa yang memiliki kualitas internasional. Semua tergantung dari kebutuhan dan pilihan pewaralaba. Dan jika anda sebagai pemula, mungkin ini dapat menjadi langkah awal bagi anda untuk mulai menggeluti bidang kewirausahaan. Mulailah dari yang kecil untuk mencapai mimpi yang besar, misalnya dengan menjajal bisnis waralaba makanan dan minum.

Bisnis, Bisnis 2015, Bisnis Indonesia, Daftar Waralaba, Franchise Makanan, Indonesia Waralaba, Makanan Lokal, Peluang Bisnis, Pengertian Waralaba, Ukm Bisnis, Usaha Makanan,

Member Banner

Google Analytics Alternative