Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Berita / Artikel

Analisa Dalam Usaha Musiman

Administrator Ekonomi Dilihat 1140 kali

Apakah yang ada di pikiran anda ketika anda mendengar usaha musiman? Mungkin anda akan menbayangkan sebuah usaha yang hanya bisa dijalankan di musim-musim tertentu ya? Oke, baiklah. Anggap saja anda memiliki definisi seperti itu. Lalu apakah anda juga terfikir untuk melakukan hal yang sama? mungkin saja anda berfikir untuk memiliki usaha musiman juga. Misalnya saja, anda berdagang pakaian di waktu-waktu menjelang lebaran. Atau anda justru tertarik membuat kue-kue kering untuk dijual di waktu menjelang lebaran? Baiklah. Bila anda sudah memiliki rencana itu, apakah anda juga sudah membuat perhitungan untuk modal, keuntungan, dan resiko? Bila sudah, tentu anda pasti tak akan bingung lagi sekarang.namun bila anda belum punya perhitungan seperti itu, alangkah baiknya bila anda menyimak ulasan di bawah ini. Ada beberapa analisa tentang usaha musiman yang mungkin akan anda jalankan.

Analisa pasar

Analisa  pasar ini sangat penting.Kira-kira untuk siapa anda menjual produk anda tersebut? Apakah pasarnya adalah kaum menengah ke atas ataukah menengah ke bawah? Silahkan anda perhitungkan dengan sangat cermat. Bila anda melirik usaha untuk menengah ke atas, tentu jenis usaha anda adalah jenis yang mengutamakan kualitas. Kaum kelas atas tidak akan mau membeli produk murahan seperti yang dipakai di kelas bawah. Jadi  bila anda sudah membidik pasar kelas atas, maka fokus anda adalah bagaimana memberikan produk sebaik mungkin. Bila anda ingin membuka bisnis makanan, maka kualitas makanan tersebut harus benar-benar terjamin. Jaminan itu bisa dari segi rasa, juga dari segi pengemasan.

Buatlah target omset

Nah, setelah menganalisa pasar dan menentukan jenis bisnis yang akan anda mulai, sekarang buatlah target omset yang akan anda peroleh. Bisa jadi omset tersebut akan sangat besar. Semua itu tergantung keuletan anda. Bila anda ulet dan mau terus berusaha mengembangkan produk anda, maka omset yang besar itu bukanlah hal yang jauh diatas angan-angan. Selain itu dengan menentukan target anda akan lebih termotivasi dalam bekerja. Bisa saja anda mencapai target hingga puluhan juta rupiah. namun setelah menentukan target, anda juga harus mengimbangi dengan menentukan langkah apa yang akan anda lakukan untuk mencapai target itu. Nah, disinilah tantangannya. Karena anda hanya akan menjalankan bisnis ini di musim-musim tertentu saja, maka sebaiknya anda atur sedemikian rupa tentang marketing plan-nya.

Tentukan rencana ke depan

Walaupun ini adalah usaha musiman, namun anda juga harus menentukan rencana ke depan. Apakah usaha ini akan dilanjutkan di musim-musim yang lain? Ataukah anda ingin mengubah bisnis anda dari bisnis musiman ke bisnis yang lebih permanen? Semua itu tergantung niat anda. Nah, untuk hal yang satu ini, kami sarankan agar anda menganalisa pasar secara cermat. Kira-kira apa yang diinginkan pasar dari produk yang anda jual itu. Sekiranya pasar menerima degan baik tentang produk anda, maka tugas anda ayang selanjutnya adalah membuat analisa jangka panjang untuk mengembangkan produk tersebut. Dengan begitu, usaha anda tidak akan terputus di satu musim saja.

Itulah analisa yang harus anda lakukan untuk menjalankan sebuah usaha musiman. Karena usaha jenis ini berumur pendek, oleh karena itu, anda harus melirik usaha jenis yang lain setelahnya. Nah, silahkan anda lihat pangsa pasar yang mana yang  sekiranya pas untuk dijadikan usaha musiman. Setelah itu, anda bisa mengatur awal rencana dengan menyiapkan modal terlebih dahulu. Itulah yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat bagi para pembaca semuanya. Silahkan mencoba sebuah bisnis kecil dengan modal kecil terlebih dahulu sebelum merambah ke bisnis yang lebih besar.

Bisnis, Bisnis 2015, Bisnis Indonesia, Daftar Waralaba, Franchise Makanan, Indonesia Waralaba, Makanan Lokal, Peluang Bisnis, Pengertian Waralaba, Ukm Bisnis, Usaha Makanan,

Member Banner

Google Analytics Alternative