Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Berita / Artikel

Semakin Ketatnya Persaingan Ekonomi, Ini Sebabnya Pengusaha Minta Dukungan untuk Industri Waralaba Indonesia

Administrator Ekonomi Dilihat 1728 kali

Pasar bebas ekonomi ASEAN (MEA) memang bisa memberikan hal positif bagi masyarakat Indonesia dalam meningkatkan daya saing, namun beberapa pengusaha merasa khawatir mengenai hal ini. Terutama bagi pengusaha waralaba (Franchise) yang merasa dukungan pemerintah kurang untuk menghadapi hal ini, inilah yang membuat para Pengusaha minta dukungan untuk industri waralaba lokal. Dengan adanya dukungan dari pemerintah, pengusaha waralaba akan bisa bersaing dan siap menghadapi MEA.

Meskipun pertumbuhan industri waralaba terbilang tinggi, namun merk luar negeri juga mendominasi pasar dalam negeri. Itu bisa dilihat dari banyaknya bisnis waralaba dari luar negeri yang semakin bermunculan.

Ketika menghadapi pasar global, tentu banyak bisnis luar negeri yang akan datang ke Indonesia mengingat Indonesia merupakan negara yang potensial untuk menjalankan bisnis. Hal itu akan berdampak terhadap bisnis waralaba dari Indonesia sendiri. Jika tidak didukung dan diimbangi dengan persiapan yang matang, bukan tidak mungkin bisnis waralaba lokal akan kalah dari bisnis waralaba luar negeri.

Dukungan yang Dibutuhkan Bagi Industri Waralaba Indonesia

Dukungan pemerintah akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis waralaba Indonesia. Inilah yang menjadi alasan kenapa pengusaha minta dukungan untuk industri waralaba yang dirasa dukungan saat ini kurang. Dukungan yang dibutuhkan bagi industri waralaba Indonesia dalam menghadapi pasar global adalah dukungan terhadap dana, skill, dan kebijakan yang tepat. Pemerintah bisa memberikan dukungan dalam bentuk:

·         Memberikan kredit dengan tingkat suku bunga murah

·         Mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian pengusaha dalam menjalankan bisnisnya

·         Serta kebijakan yang lebih mengayomi bagi industri waralaba agar bisa berkembang dan maju

Pemberian pelatihan dirasa sangat penting mengingat banyaknya bisnis waralaba dari luar negeri yang masuk ke Indonesia, tentunya mereka  memiliki pengetahuan yang lebih tinggi untuk menjalankan bisnis ini. Dengan adanya pelatihan, pemberian kredit dengan bunga murah, dan kebijakan yang mengayomi industri waralaba, tentunya industri waralaba akan lebih memberikan kontribusi terhadap perekonomian negara. Selain itu industri waralaba ini juga bisa menjadi solusi dalam menghadapi masalah kemiskinan dan pengangguran.

Kenapa Industri Waralaba Harus Mendapatkan Dukungan Penuh Dari Pemerintah?

Masalah krusial yang dihadapi Indonesia saat ini adalah kemiskinan dan pengangguran. Industri waralaba bisa menjadi solusi untuk masalah ini, namun dukungan pemerintah terhadap industri waralaba dinilai masih kurang. Kurangnya dukungan pemerintah tersebut membuat bisnis waralaba Indonesia kurang bisa bersaing dengan bisnis waralaba asing.

Banyak prospek baik yang ditunjukkan oleh industri waralaba, salah satunya industri waralaba sudah terbukti tahan dalam menghadapi krisis yang terjadi di Indonesia pada beberapa tahun silam. Industri waralaba dinilai bisa membantu mengangkat perekonomian Indonesia dengan cara menciptakan lapangan kerja, mendorong kewirausahaan di Indonesia, dan sebagai investasi alternatif ketika menghadapi krisis.

Meskipun waralaba Indonesia mempunyai peluang besar dalam pasar internasional, namun hal tersebut tidaklah mudah. Menurut Ketua Umum Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) untuk go internasional para pengusaha waralaba harus memenuhi beberapa syarat. Syarat tersebut diantaranya mengenai standar dan mutu, terutama bagi waralaba makanan dan minuman kebersihan dan kesehatan sangatlah penting untuk diperhatikan. Untuk memudahkan memasarkan produk dan mengembangkan bisnisnya, para pengusaha waralaba di Indonesia juga harus mampu memindahkan kantor pusatnya ke master franchisee yang ada di luar negeri. Untuk bisa mengembangkan usahanya sampai ke luar negeri, pengusaha harus bisa melihat selera pasar yang ada di luar negeri untuk bisa mencocokkan dengan perilaku konsumen disana.

Kelemahan utama yang ada pada industri waralaba Indonesia adalah standar kualitas yang belum terpenuhi dan manajemen bisnis yang kurang, disinilah pentingnya Pengusaha minta dukungan untuk industri waralaba .

Bisnis, Bisnis 2015, Bisnis Indonesia, Daftar Waralaba, Franchise Makanan, Indonesia Waralaba, Makanan Lokal, Peluang Bisnis, Pengertian Waralaba, Ukm Bisnis, Usaha Makanan,

Member Banner

Google Analytics Alternative