Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Berita / Artikel

Sejarah dan Pengertian Waralaba

Administrator Usaha Kecil dan Menengah Dilihat 2572 kali

Sejarah dan pengertian waralaba adalah awal mula dari bisnis waralaba yang kini telah Anda kenal, serta beberapa pengertian singkat mengenai bisnis waralaba. Bisnis dengan sistem waralaba memang telah dikenal sebagai salah satu jenis bisnis yang dikenal menguntungkan dan juga dapat membawa beberapa perusahaan besar menjadi semakin ternama karena sistem bisnis yang diterapkan ini. Beberapa perusahaan besar, seperti perusahaan mobil pun menjadi semakin terkenal di banyak Negara karena adanya sistem waralaba ini.

Tak hanya perusahaan barang jadi seperti mobil dan motor saja yang ternyata menetapkan sistem waralaba sebagai salah satu strategi bisnis yang dilakukan. Namun, perusahaan makanan dan juga beberapa perusahaan swalayan pun menerapkan sistem waralaba sebagai salah satu strategi utama yang dilakukan untuk mengembangkan usahanya. Kesuksesan sistem ini sebagai salah satu strategi bisnis terbaru akhirnya mengundang banyak orang menjadi semakin penasaran mengenai sejarah dan pengertian waralaba yang harus Anda ketahui.

Sejarah Waralaba

Sistem waralaba disebut-sebut telah ada sejak puluhan bahkan ratusan tahun silam. Salah satu perusahaan yang menjadi pelopor dari sistem ini ialah perusahaan pembuat mesin jahit yang berinisiatif untuk menggunakan sistem waralaba dengan memperbolehkan perusahaan lain turut menjual mesin jahit dari perusahaan itu. Hanya saja, sistem perdagangan tersebut tetap harus memiliki beberapa aturan khusus yang mewajibkan perusahaan rekanan juga menjual mesin buatan dari pihak pertama dengan merk yang tidak diubah oleh pihak perusahaan rekanan. Mengenai keuntungan dari usaha yang ditawarkan, pihak pertama tetap akan mendapatkan keuntungan dari penjualan mesin-mesin tersebut.

Karena kesuksesan sistem waralaba pada tahun tersebut, akhirnya beberapa perusahaan makanan cepat saji pun mengikuti langkah perusahaan mesin jahit yang menjadi pelopor sistem waralaba dan akhirnya turut meraih kesuksesan besar hingga saat ini. Meskipun awalnya hanya berkembang di beberapa Negara Barat saja, namun kini sistem waralaba telah dikenal hampir di seluruh belahan dunia berikut seluruh persyaratan dan juga keuntungan yang ditawarkan dari sistem tersebut. Di Indonesia sendiri, telah sangat banyak perusahaan waralaba yang berhasil mengembangkan usahanya, baik itu perusahaan yang menawarkan produk makanan maupun perusahaan yang menjual berbagai produk jadi dan alat transportasi seperti mobil dan motor.

Pengertian Waralaba

Mengenai pengertian dari sistem waralaba sendiri, sebenarnya ada beberapa pengertian dari sistem ini. Pengertian pertama ialah sistem waralaba yang mewajibkan para peserta waralaba untuk membeli sejenis izin atau lisensi untuk kemudian mengizinkan mereka menjual produk waralaba dari perusahaan asal.

Sedangkan pengertian lain dari waralaba ialah dengan menjadi peserta penjual produk waralaba tersebut dengan menyediakan tempat untuk menjadi showroom dalam menjual produk dan kemudian menjadikan tempat itu sebagai sarana untuk mengembangkan usaha waralaba tersebut. Sejarah dan pengertian waralaba sebenarnya merupakan beberapa hal paling mendasar yang layak untuk Anda ketahui sebelum akhirnya Anda terjun ke dunia bisnis dengan sistem waralaba atau franchise.

Bisnis, Bisnis 2015, Bisnis Indonesia, Daftar Waralaba, Franchise Makanan, Indonesia Waralaba, Makanan Lokal, Peluang Bisnis, Pengertian Waralaba, Ukm Bisnis, Usaha Makanan,

Member Banner

Google Analytics Alternative