Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Berita / Artikel

50 Merek Waralaba Asing Siap Masuk Pasar Indonesia

Administrator Ekonomi Dilihat 4820 kali

Indonesia adalah salah satu dari sekian banyak negara yang menarik perhatian para investor untuk menginvestasikan uang mereka di sektor bisnis. Salah satu bisnis yang paling terkenal menarik banyak investor adalah bisnis franchise atau waralaba. Menurut catatan, setidaknya ada lima puluh merek waralaba asing yang akan memasuki pasar Indonesia tahun ini saja dan kebanyakan dari mereka beroperasi di sektor makanan dan minuman. Bisnis waralaba asing ini untuk sementara masih diperiksa kelayakannya untuk membuka usaha di Indonesia. Dibandingkan dengan tahun lalu, yang tercatat sekitar empat puluh bisnis waralaba membuka toko mereka di Indonesia, investor waralaba asing tahun ini meningkat secara signifikan. Sebagian besar bisnis waralaba yang datang ke Indonesia tahun ini berasal dari berbagai negara Eropa dan Amerika Serikat.

Ada alasan tertentu mengapa bisnis waralaba di Indonesia sangat menarik, terutama untuk bisnis waralaba asing. Peraturan waralaba di Indonesia sangat jelas dan proses untuk merek baru yang tertarik untuk menanam investasi mereka cukup mudah dan sederhana. Dari aspek demografi, masyarakat Indonesia cukup berpendidikan dan mereka juga akrab dengan merek asing, yang menunjukkan kesiapan mereka untuk menerima dan berpartisipasi di pasar internasional. Upah minimum di Indonesia dan tarif sewa tempat dagang di Indonesia juga masih cukup rendah dan menguntungkan bagi pemilik usaha waralaba. Modal awal yang dibutuhkan untuk investasi Waralaba di Indonesia berkisar antara dua ratus ribu hingga empat ratus ribu dolar untuk memulai bisnis yang optimal.

Selain dilihat dari aspek teknis, Indonesia juga diprediksi menjadi salah satu  negara di Asia Tenggara yang akan mendominasi sekitar empat puluh persen dari pasar FMCG Asia Tenggara pada tahun 2020, karena Indonesia juga merupakan negara terbesar dengan jumlah penduduk yang paling banyak dibandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Orang-orang Indonesia juga memiliki pengetahuan yang luas mengenai merek waralaba internasional yang terpercaya. Mereka juga memiliki memiliki kecenderungan untuk merasa lebih nyaman menggunakan atau membeli produk dengan merek terkenal yang memiliki reputasi baik di banyak negara. Kabar mengenai merek waralaba baru di Indonesia juga akan tersebar dengan cepat melalui media massa dan menciptakan hype positif di antara konsumen Indonesia yang ingin mencoba merek asing baru yang masuk ke Indonesia.

Ada juga prosedur dan persyaratan tertentu yang harus dipatuhi pemilik bisnis waralaba asing agar dapat membuka franchise mereka di Indonesia. Salah satunya adalah, untuk waralaba jenis makanan dan minuman, sekitar delapan puluh persen bahan yang digunakan dalam produk mereka harus menggunakan bahan-bahan lokal dari Indonesia sehingga bahkan produk Indonesia juga akan digunakan oleh pemilik bisnis,  dan oleh pemilik waralaba asing.

Dewasa ini, menurut catatan dari Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia atau WALI mengatakan bahwa ada sekitar seribu merek bisnis waralaba yang beroperasi di Indonesia. Dari total semua merek waralaba di Indonesia, skitar delapan ratus merek adalah merek lokal sementara dua ratusan lainnya adalah merek asing. Meskipun Indonesia memiliki merek bisnis waralaba lokal lebih banyak dibandingkan dengan merek waralaba asing, merek asing memiliki pendapatan lebih banyak. Hal ini disebabkan oleh iklan dan promosi yang dilakukan oleh merek waralaba asing lebih efektif dibandingkan dengan merek lokal yang biasanya hanya melingkupi sebagian wilayah Indonesia saja. Namun, dengan perkembangan saat ini, merek waralaba lokal bisa menjadi pesaing terberat waralaba asing di Indonesia.

Bisnis, Bisnis 2015, Bisnis Indonesia, Daftar Waralaba, Franchise Makanan, Indonesia Waralaba, Makanan Lokal, Peluang Bisnis, Pengertian Waralaba, Ukm Bisnis, Usaha Makanan,

Member Banner

Google Analytics Alternative