Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Berita / Artikel

BISNIS FRANCHISE MAKANAN MULAI BERKEMBANG DI INDONESIA

Wahyu Aditya Usaha Kecil dan Menengah Dilihat 415 kali

Bisnis franchise makanan saat ini telah mengalami perkerbangan yang sangat pesat. Mulai dari franchise lokal hingga yang berstatus internasional telah menghiasi bisnis ini dinegara-negara berkembang terutama di Indonesia. Mengingat bahwa hal ini akan menjadi peluang bagi para pecinta bisnis yang semakin menarik minat masyarakat dalam mencoba bisnis franchise makanan. Munculnya bisnis franchise ternyata banyak dicari-cari oleh masyarakat meskipun sebagian besar ada yang belum mempunyai pengalaman sama sekali bahkan tidak didukung adanya kemampuan dalam berbisnis franchise. Dapat dikatakan bahwa bisnis franchise makanan menjadi jawaban bagi masyarakat sekitar yang masih merasa kesulitan memulai sebuah usaha atau bisnis. Bisnis ini telah memberikan banyak kemudahan bagi penerima waralaba atau sering kita menyebutnya para franchisee untuk menjalankannya. berbagai macam bisnis franchise makanan bisa dijadikan sebagai peluang usaha baik dalam skala kecil, menengah atau besar. Berbagai macam jenis makanan yang bisa ditawarkan melalui sistem kemitraan/franchise sedangkan yang berkenaan biaya investasi pada bisnis franchise beragam pula mulai biaya yang rendah sampai biaya tinggi yang bisa dikelola dalam bisnis ini. Biayanya dapat berkisar dari satu juta,ratusan juta rupiah hingga milyaran rupiah. 

Besarnya modal investasi sebenarnya tergantung pada tingkat popularitas merek produk dan benbefit yang ditawarkan. Semakin terkenal merek dari suatu produk atau jasa makanan, maka semakin tinggi juga biaya/modal investasi yang akan ditawarkannya. Peran seorang franchisee atau penerima waralaba hanya  diwajibkan dalam pencarian lokasi bisnis sedangkan untuk franchisor atau pemberi waralaba akan melakukan survey dan observasi kelayakan lokasi bisnis tersebut. Apabila telah memenuhi standar perusahaan, kemitraan atau perjanjian franchise bisa segera dijalankan, namun jangan lupa juga tentang perlunya kesepakatan biaya investasi dari kedua belah pihak. Berkenaan pada  penggunaan dan pemakaian peralatan bisnis franchise ternyata telah dilengkapi dan disediakan oleh pihak merek produk makanan/franchisor. Bisnis franchise makanan sungguh memiliki prospek yang begitu mencerahkan. Jika diperhatikan bahwa bisnis ini semakin lama dilihat oleh para pencari bisnis makanan lewat pemakaian sistem kemitraan juga akan semakin meningkat. Kebanyakan pelaku bisnis menawarkan berbagai macam sistem kemitraan. Maka hal tersebut cukup berpengaruh bagi mereka yang merasa dirinya masih awam untuk mendapatkan kemudahan dalam memulai bisnis franchise makanan yang sesuai dengan kemampuan materil maupun non materil. Sehingga dengan adanya berbagai macam menu makanan yang tersedia saat ini, maka sebagian besar dari makanan itu sudah banyak dijadikan sebagai bisnis franchise. Jika seseorang yang memiliki jiwa bisnis, sebaiknya patut dicoba untuk bergelut dengan bisnis franchise makanan. 

Berbisnis makanan telah menjadi wahana yang baik dari dulu hingga sekarang karena memiliki prospek yang cukup menguntungkan. Kini berbagai macam kuliner di Indonesia banyak menghiasi di sepanjang ruko-ruko di kota-kota besar terutama bisnis franchise. Hal ini disebabkan karena bisnis ini menggunakan modal yang relatif kecil serta berdampak lebih efisien dalam keuntungan. Untuk pemula bisnis makanan yang belum mempunyai skill dalam menjalankan bisnis ini, tidak perlu bingung dan merasa khawatir karena bagi pelaku bisnis franchise makanan akan didampingi dan diberikan pelatihan selama waktu kesepakatan pada perjanjian. Kunci kesuksesan dari bisnis ini ialah dengan memilih lokasi yang strategis. Karena lokasi bisnis yang strategis, akan berpengaruh besar terhadap kunjungan konsumen dan perlu diperhatikan juga mengenai bisnis franchise makanan apa yang ingin diikuti. Ingatlah untuk bisnis ini jangan sampai mengambil yang berprospek buruk atau tidak bagus. Hal ini dapat memicu untuk merugikan pihak yang satu dan lainnya. Oleh karena itulah, sebelum terjun untuk memulai bisnis franchise makanan, maka sebaiknya mempelajari terlebih dahulu tentang informasi bisnis ini. Disamping itu, kini dapat dijumpai para franchisor bisnis makanan sudah berjamuran dan tersebar di berbagai daerah di Indonesia yang membuat persaingan bisnis menjadi semakin ketat. Namun banyak pula juga yang cukup mengadopsi sebagian merek produk makanan. Maka melihat keadaan seperti ini, setidaknya untuk lebih meningkatkan kreativitas dan inovasi demi mencapai keberhasilan pada bisnis franchise makanan.

Franchise Murah,

Member Banner

Google Analytics Alternative