Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Kiat - Kiat

Tips Cara Membikin Cafe

Administrator Kiat Kiat Dilihat 1353 kali

Surabaya -Pertanyaan dari Pembaca:

Saya Agus ingin mencoba buka usaha cafe, tapi bingung cara memulainya dari mana? Mohon masukannya.
Terima Kasih

Jawaban:
untuk bapak agus,

Cafe merupakan tempat masyarakat luar bersosialisasi. Tujuan utama orang pergi ke cafe adalah untuk bertemu, berbincang, bersantai, melepaskan kepenatan pekerjaan, sambil makan dan minum. Suasana yang cozy (nyaman) dan fasilitas yang lengkap merupakan hal yang paling dicari para penikmat cafe.

Berikut hal-hal yang perlu dilakukan saat Anda ingin membuat cafe.

1. Tentukan target market cafe Anda.
Tentukan apakah cafe Anda akan menyasar anak muda, wanita sosialita, paruh baya, semua kalangan, dan sebagainya. Ini penting dilakukan agar Anda bisa lebih detail pada proses selanjutnya. Anda akan tahu apa makanan yang sesuai dengan target market Anda, konsep kafe yang pas buat mereka, harga makanan, dan banyak hal detail lain.

2. Buat konsep yang unik dan menarik.
Bisnis cafe adalah bisnis mulut ke mulut. Bila cafe Anda unik, asik dan menarik, semua orang akan menjadi agen marketing Anda dan menarik orang lain untuk datang ke cafe Anda.

Konsep atau tema ini meliputi interior, makanan, fasilitas, ataupun layanan unik di cafe Anda. Contoh: Anda ingin membuat cafe dengan konsep kembali ke tahun 80’s, untuk target market umur 40-an. Untuk mendukung konsep tersebut Anda memerlukan interior desain tahun 80-an, musik hidup klasik di era itu dan layar lebar yang memutar serial film tahun itu, makanan Indonesia tradisional dan internasional, pramusaji yang bergaya ala tahun 80an.

3. Lokasi
Cari lokasi yang sesuai dengan konsep Anda. Sesuaikan dengan target market yang Anda tuju. Perlu Anda riset lebih teliti, mana lokasi yang paling pas dengan konsep cafe Anda dan berapa dana yang perlu anda dikeluarkan. Lokasi sewa atau anda mungkin memiliki lahan sendiri juga sangat menentukan perhitungan bisnis Anda.

4. Menu makanan
Cita rasa makanan merupakan hal penting di sebuah cafe. Pelanggan akan kembali lagi ke cafe Anda karena jatuh cinta pada menu tertentu. Perencanaan menu makanan tidak bisa dianggap remeh. Anda perlu untuk menyewa ahli masak yang handal untuk menyusun menu, menyusun resep unik ala cafe Anda, mendesain cara penyajian dan menentukan harga jualnya.

5. Buatlah Rencana Bisnis
Bila semua hal sudah ada di kepala Anda, buatlah rencana bisnis. Detailkan kegiatan apa saja yang akan Anda lakukan untuk membuat kafe, apa saja yang dibutuhkan, dan berapa investasi yang akan Anda keluarkan. Dari investasi tersebut prediksikan kapan uang Anda kembali. Saat Anda membuat rencana bisnis, Anda akan bisa melihat lebih jelas apakah bisnis Kafe ini feasible.

6. Beli Franchise/Waralaba.
Alternatif lain untuk membuat kafe adalah mempertimbangkan untuk membeli franchise dari kafe yang sudah ada dan sudah punya nama. Namun tentunya perlu modal dana lebih banyak lagi karena harus membayar biaya franchise/waralaba.

Selamat mencoba, semoga bisa membantu


Member Banner

Google Analytics Alternative