Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Kiat - Kiat

Keuntungan dan Kelemahan Bisnis Waralaba di Indonesia

Administrator Berita Dilihat 1105 kali

Keuntungan dan Kelemahan Bisnis Waralaba di Indonesia

Keuntungan bisnis waralaba salah satunya adalah pengusaha tidak perlu repot menyediakan sarana untuk berwiraswasta karena sudah disediakan oleh pemilik waralabanya. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 16 tahun 1997, waralaba adalah perikatan yang salah satu pihaknya diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa. Dengan kata lain, waralaba adalah usaha di mana seseorang berhak untuk menjual hasil karya atau hasil usaha orang lain berdasarkan kesepatakan dan persyaratan yang telah ditentukan oleh pemilik karya atau usaha yang asli. Waralaba atau biasa disebut franchise yang ada di Indonesia sendiri sudah  banyak macamnya seperti restoran makanan cepat saji, supermarket, swalayan, bahkan gerobak makanan.

Keuntungan bisnis waralaba

Mengapa bisnis waralaba semakin banyak menarik minat pengusaha? Apa saja keuntungan bisnis waralaba? Produk waralaba telah memiliki manajemen bisnis dan reputasi yang bagus di masyarakat. Manajemen bisnis dan reputasi yang baik diperoleh dari hasil pengujian ide sebelum produk tersebut siap dijadikan produk waralaba, sehingga pengusaha (franchisees) tidak perlu lagi membuat atau menyusun manajemen bisnis yang baru. Berbeda dengan bisnis yang dimulai dari awal, bisnis franchise akan lebih hemat tenaga dan biaya karena produknya yang sudah dikenal oleh masyarakat. Franchisees tidak perlu lagi memasarkan produknya dari nol.

Jika franchisees ingin mengembangkan bisnisnya dengan menarik minat investor, investasi akan cenderung lebih mudah datang. Investor lebih suka berinvestasi ke bisnis yang sudah stabil terutama di sektor finansial, sementara pada bisnis waralaba biasanya kondisi finansial sudah stabil dan sudah ditetapkan oleh pemilik waralaba. Begitu pula bila ingin mengadakan kerjasama misalnya dengan pemasok barang atau iklan, franchisees bisa menggunakan pihak-pihak yang telah membangun kerjasama terlebih dahulu dengan pemilik waralaba. Dari segi kepegawaian biasanya pemilik waralaba akan memberikan pelatihan kepada franchisees maupun calon pegawai. Pelatihannya meliputi pelayanan, manajemen finansial, manajemen pemasaran, periklanan, negosiasi dengan investor, dan lain-lain. Pelatihan diberikan oleh pemilik waralaba dikarenakan supaya adanya keseragaman di antara semua franchisees yang memudahkan pemilik waralaba mengawasi dan mengelola merk waralabanya. Demikian adalah beberapa keuntungan bisnis waralaba.

Kelemahan bisnis waralaba

Layaknya semua bentuk bisnis, selain keuntungan pasti ada kelemahannya juga. Bisnis waralaba adalah bisnis yang manajemen dan sistemnya telah ditentukan oleh si pemilik waralaba, karena itu akan sulit bagi franchisees untuk berimprovisasi menerapkan ide-ide bisnis kreatif yang berada di luar manajemen pusat. Sama halnya dengan keuntungan yang didapatkan berkaitan dengan reputasi merk yang baik, apabila reputasi tersebut menurun di mata masyarakat, maka biasanya semua gerai waralaba akan terkena dampaknya. Keuntungan yang franchisees dapatkan tidak maksimal karena ada biaya-biaya yang harus franchisees setorkan kepada pemilik waralaba, misalnya bagi hasil keuntungan kotor, biaya administrasi, royalti, dan sebagainya.


Member Banner

Google Analytics Alternative