Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Kiat - Kiat

Memilih Bisnis Waralaba

Administrator Kiat Kiat Dilihat 1402 kali

Bisnis waralaba terbaik adalah waralaba yang telah memiliki manajemen yang stabil dan paten, reputasi yang baik dalam jangka waktu panjang, dan memiliki potensi keuntungan yang besar. Bisnis waralaba atau franchise adalah bisnis yang banyak diminati pebisnis baik yang sudah profesional maupun pemula. Peluang bisnis waralaba biasanya diminati bagi mereka yang memiliki modal untuk bisnis tetapi tidak memiliki keahlian manajemen bisnis. Keuntungan bisnis waralaba juga terjamin karena merk yang dijual sudah terkenal di masyarakat.

Waralaba sukses di Indonesia

Bisnis waralaba terbaik di Indonesia meliputi waralaba makanan dan minuman, retail swalayan, restoran cepat saji, dan penyedia jasa. Kebanyakan konsumen memilih membeli produk dari toko yang telah memiliki nama karena telah terjamin kualitas dan harga yang sama rata antara toko satu dengan lainnya dengan merk waralaba yang sama. Misalnya untuk membeli makanan kecil saja, konsumen akan memilih mencari Indomaret atau Alfamart terdekat ketimbang warung kecil di pinggir jalan. Restoran makanan cepat saji juga banyak diminati karena selain pelayanannya yang sudah standar, makanannya pun dijamin kualitasnya. Di Indonesia, waralaba makanan dan minuman adalah yang paling pesat pertumbuhannya, lebih dari setengah jumlah waralaba yang ada di Indonesia didominasi oleh produk makanan dan minuman. Saking suksesnya bisnis waralaba di Indonesia di setiap sisi jalan terdapat sejumlah bisnis waralaba yang sudah tidak asing lagi di masyarakat. Meskipun pemerintah berusaha untuk menetapkan aturan yang memperketat operasi bisnis waralaba di Indonesia tetapi pada kenyataannya produk waralaba semakin menjamur di pasar Indonesia.

Memilih bisnis waralaba

Bagi Anda yang masih bingung menentukan bisnis apa yang ingin digeluti, menjajal bisnis waralaba bisa menjadi pilihan awal untuk terjun ke dunia bisnis. Memilih bisnis waralaba yang ingin dijajal pun tidak mudah, banyak faktor yang mesti dipertimbangkan misalnya lokasi bisnis, modal yang Anda miliki, dan iklim bisnis yang ada di lingkungan lokasi bisnis Anda. Untuk memudahkan Anda menentukan jenis waralaba yang ingin Anda beli, berikut beberapa tips memilih waralaba:

 

  • Pilihlah waralaba yang sudah terkenal dan memiliki reputasi baik. Waralaba yang terkenal dan bereputasi bagus di masyarakat merupakan langkah awal Anda untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya
  • Tentukan lokasi di mana Anda ingin menjual produk waralaba. Target pasar produk dapat menentukan lokasi yang strategis, misalnya apabila Anda ingin membuka usaha di kawasan pelajar, maka waralaba makanan atau retail swalayan bisa menjadi pilihan.
  • Lakukan riset mengenai profil produk waralaba yang ingin Anda beli terutama mengenai manajemen dan grafik keuntungannya.
  • Perhatikan resiko usaha dengan mencermati perhitungan ROI (Return of Investment) agar Anda dapat memperkirakan kapan bisa BEP (Break Even Point) atau balik modal. Poin ini adalah poin penting untuk mempertimbangkan membeli bisnis waralaba terbaik.

Member Banner

Google Analytics Alternative