Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Kiat - Kiat

Waralaba Makanan, Tidak Hanya Menjual Saja

Administrator Kiat Kiat Dilihat 1761 kali

Belajar untuk menjadi seorang wirausaha dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, dan salah satunya adalah membuka peluang usaha waralaba makanan. Kenapa harus makanan? Karena inilah produk yang secara kontinyu dicari dan dibutuhkan setiap hari, sehingga jika kita jeli terhadap peluang pasar, maka tidak akan mustahil bagi kita untuk memperoleh kesuksesan di bisnis ini. Dan kenapa harus waralaba? Sebenarnya tidak harus selalu melalui waralaba, tetapi waralaba adalah langkah pembelajaran pertama yang dapat digunakan seorang wirausaha baru.

Menangkap Peluang Waralaba

Dalam waralaba, pewaralaba tidak perlu menciptakan menu baru dalam setiap sajian produk makanannya, mereka juga tidak perlu memikirkan merek, bagaimana bentuk desain packaging, ataupun bagaimana bentuk display nya. Dengan kata lain semua modal dapat sangat diefisienkan. Mereka hanya perlu mengeluarkan modal investasi, modal tempat usaha dan modal strategi penjualan saja.

Saat ini ada banyak sekali peluang usaha waralaba makanan. Tentunya juga dengan ragam makanan dan harga yang bervariatif, yang dapat disesuaikan dengan target pasar yang akan dibidik oleh pewaralaba. Modal investasi untuk membuka peluang usaha waralaba makanan ini ada pula yang hanya membutuhkan modal kecil, seperti pada usaha waralaba makanan camilan, misalkan jamur crispy, burger, martabak kecil, roti goreng dan beberapa yang lainnya, dimana usaha tersebut dapat dijalankan dengan mengeluarkan biaya waralaba fee di bawah 5 juta rupiah. Sudah tentu sangat terjangkau bagi wirausaha baru dengan potensi keuntungan yang besar.

Fungsi Internet Dalam Waralaba

Dalam membuka peluang usaha waralaba makanan ini, hendaknya para wirausaha dituntut pula untuk lebih kreatif dalam hal melakukan penjualan. Hal ini dikarenakan tanpa ada usaha penjualan yang kreatif dan menarik, maka usaha waralaba makanan yang mereka geluti tidak akan berjalan dengan baik.

Dua wirausahawan yang mengambil waralaba makanan yang sama akan memperoleh keuntungan yang berbeda jika mereka menggunakan strategi penjualan yang berbeda, karena kesuksesan pewaralaba dengan hanya menjual saja tanpa memperhitungkan strtegi belum cukup. Salah satu strategi penjulan yang dapat dikatakan kreatif adalah dengan menggunakan media internet.

Sebagaimana kita ketahui saat ini pemasaran melalui internet memberikan dampak positif dalam meningkatkan penjualan, sehingga dapat digunakan untuk mempromosikan produk waralaba kita. Mulailah dengan memperkenalkan produk waralaba makanan kita dan apa yang membedakan dengan produk makanan serupa namun merek yang berbeda. Berilah penjelasan mengenai keunggulan-keunggulan produk waralaba makanan kita dan bukan membandingkan dengan kelemahan kompetitor kita. Ciptakanlah promosi yang menarik dan membuat orang mau datang dan membeli. Seperti contohnya ‘buy one get one’ dimana konsumen akan mendapatkan free saat membeli satu produk, atau ‘package discount’ dimana terdapat diskon untuk membelian minimal. Atau ‘weekend quiz’ dimana pewaralaba memberikan kuis seputar produk waralaba makan dan pemenangnya mendapatkan apresiasi atau hadiah, dan masih banyak lagi. Namun tentunya  semua harus disesuaikan dengan biaya operasional masing-masing pewaralaba sehingga tidak membebani pewaralaba dalam memperoleh profit dan meningkatkan omzet. Nah siapkah Anda para pewaralaba untuk tidak sekedar menjual? Apakah Anda tertarik mencoba peluang usaha waralaba makanan?


Member Banner

Google Analytics Alternative