Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Kiat - Kiat

Keunggulan dan Kelemahan Franchise Makanan

Administrator Kiat Kiat Dilihat 2042 kali

Franchise bisnis makanan sudah menjadi populer di kalangan masyarakat, khususnya Masyarakat Indonesia. Dengan franchise bisnis makanan seorang wirausaha tidak harus memulai bisnisnya dari nol, bahkan bisa dikatakan bahwa franchise adalah solusi cepat bagi mereka untuk terjun di dunia usaha. Namun perlu diingat bahwa tidak semua bisnis franchise bisnis makanan dapat sesuai dengan kebutuhan konsumen di sekitar tempat usaha. Oleh karena itu wirausahawan harus mampu membaca pasar potensial bagi bisnis mereka.

Keunggulan Franchise Makanan

Franchise bisnis makanan sudah tentu selalu masuk dalam daftar franchise favorit yang dipilih oleh wirausahawan. Hal itu karena franchise bisnis makanan memiliki beberapa keunggulan, yang diantaranya adalah franchise termasuk dalam bisnis yang ekonomis. Dikatakan ekonomis karena dalam franchise bisnis makanan, wirausahawan hanya perlu untuk menjalankan saja.

Keunggulan lainnya,  wirausahawan tidak perlu melakukan test pasar, untuk mengukur dapat atau tidaknya produk yang dijual diterima oleh konsumen. Terlebih lagi franchise bisnis makanan, akan lebih subyektif hasilnya dalam test pasar, karena selera masing-masing orang akan berbeda satu dengan yang lain. Hal ini tidak perlu dilakukan karena telah menjadi kewajiban franchisor untuk mengukurnya, bahkan memperbaiki taste atau rasa dari produk makanan yang bisa diterima oleh konsumen.

Selanjutnya kita akan berbicara masalah modal. Modal yang harus dikeluarkan dalam franchise bisnis makanan, selain modal tempat usaha adalah modal pembelian royalti atau franchise fee saja. Wirausahawan tidak perlu berinvestasi untuk menyiapkan sarana dan prasarana produksi, bahkan berinvestasi mempersiapkan SDM guna membantu jalannya bisnis dan produksi. Semua hal terkait proses produksi sudah sudah terlebih dahulu dilakukan oleh pemilik franchise atau yang disebut juga franchisor.

Kelemahan Franchise Makanan

Kelemahan dalam bisnis francise bisnis makanan adalah gerak wirausahawan dibatasi oleh SOP franchisor, karena tentunya franchisor  ingin menjaga standart kualitas produk makanan yang dimiliki. Dan juga bagian dari kewajiban wirausahawan untuk tetap mengikuti standart kualitas yang telah ditentukan dan diperjanjikan.

Adapun kelemahan lainnya adalah jika permintaan pasar menurun karena franchise bisnis makanan wirausahawan telah mendapat pesaing baru di bisnis serupa dengan menggunakan merk yang berbeda. Jika ini terjadi tentunya wirausahawan akan mengalami penurunan keuntungan. Dan jika tidak ditemukan solusi untuk mengatasi hal ini maka bisa jadi terjadi kebangkrutan. 

Tips Memilih Franchise Makanan

Dari beberapa keunggulan dan kelemahan yang dimiliki franchise bisnis makanan, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi Anda yang ingin memulai franchise bisnis makanan, yaitu tentukan segmen pasar terlebih dahulu. Menentukan terlebih dahulu segmen pasar yang ingin dibidik dalam franchise bisnis makanan sangat menguntungkan karena wirausahawan akan bisa memprediksi keuntungan yang akan diraih serta bisa memilih janis franchise bisnis makanan yang seperti apa yang akan dibeli.

Selain itu, Anda harus melihat peluang dan permintaan pasar akan produk makanan yang akan Anda jual. Apakah franchise makanan tersebut digemari oleh konsumen, apakah makanan tersebut jarang memiliki pesaing di sekitar tempat usaha, ataukah makanan tersebut memiliki harga yang bisa diterima konsumen.

Tidak hanya itu saja, Anda harus mengenali franchisor Anda, Anda harus mencari tahu bagaimana jaringan kemitraan yang telah dimiliki oleh franchisor. Apakah jaringan yang ada sudah familier di kalangan masyarakat ataukah jaringannya sudah bersifat nasional dengan tersebar di seluruh Indonesia. Dengan demikian Anda mengetahui bahwa franchise bisnis makanan yang akan Anda beli bisa terima atau tidak oleh konsumen.


Member Banner

Google Analytics Alternative