Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Kiat - Kiat

Trik Bisnis Waralaba Bagi Pemula

Administrator Kiat Kiat Dilihat 2719 kali

Anda harus mengetahui trik bisnis waralaba jika ingin memulai waralaba. Hal terpenting untuk memulai waralaba dalam kemauan dan niat untuk membuka waralaba. Pada saat sekarang ini, sudah banyak orang yang beralih menjadi pewaralaba untuk itu anda membutuhkan trik sebelum memulai waralaba. Berikut trik yang bisa anda ikuti:

1. Anda harus memilih waralaba yang unik dan berbeda dari waralaba yang banyak tersebar di daerah tempat anda akan memulai waralaba. Anda harus memilih waralaba yang unik agar cepat mencapai BEP(Break Even Point). Nah, untuk anda yang masih pemula dalam memulai bisnis, anda pasti bingung mengenai apa itu BEP. BEP adalah titik balik modal dari yang pertama kali anda membeli waralaba. Ini semuanya tergantung dari seberapa pintar anda untuk mengatur keuangan waralaba anda.

2. Trik lainnya yang sangat berpengaruh dalam keberhasilan waralaba anda adalah pemilihan lokasi. Lokasi yang baik dan sesuai dengan target dari waralaba anda akan membuat waralaba anda berkembang pesat dan membuat BEP semakin cepat. Anda bahkan bisa memulai membuka waralaba kedua jika waralaba yang anda jalani telah berkembang dengan sangat cepat.

3. Jangan pilih waralaba yang hanya berlaku secara musiman. Hal ini dikarenakan waralaba musiman tidak akan mendatangkan profit yang stabil dan hanya akan mendapatkan profit saat waralaba tersebut disenangi masyarakat saja. Anda harus memilih waralaba yang dapat mendatangkan profit yang stabli setiap bulannya sehingga mempercepat BEP.

Cara memulai waralaba

Anda bisa memulai waralaba dengan mulai membeli lisensi waralaba yang anda inginkan. Anda harus memilih waralaba ini dengan hati-hati agar anda dapat mempercepat BEP. Anda juga bisa memilih waralaba yang sesuai dengan minat anda, jadi walaupun waralaba anda sedang sepi anda tidak menyerah dalam menjalakannya. Namun, jika anda memilih waralaba yang tidak anda senangi maka anda akan cepat menyerah dalam menjalankan waralaba tersebut. Anda bisa melakukan survey terlebih dahulu sebelum memulai waralaba tersebut. Hal ini biasanya dilakukan untuk menentukan kualitas dari waralaba tersebut. Waralaba yang telah berdiri lama biasanya telah memiliki reputasi yang baik di masyarakat sehingga tidak perlu repot dalam mempromosikannya. Namun waralaba yang baru muncul juga terkadang lebih cepat mendatangkan profit. Hal ini dikarenakan masyarakat membutuhkan inovasi baru dan menginginkan sesuatu yang unik. Namun anda harus gencar mempromosikannya jika anda memulai waralaba yang masih cukup asing di telinga masyarakat. Jika waralaba anda telah berkembang pesat dan telah mendapatkan BEP jauh lebih cepat dari yang anda bayangkan maka langkah selanjutnya kembangkan waralaba anda di daerah lainnya.

Tips waralaba bagi pemula

Sebelum memulai waralaba anda harus memperhatikan tips berikut ini:

1. Anda harus bisa mengatur keuangan anda dengan baik. Hal ini dikarenakan banyak pewaralaba yang gagal di tengah jalan karena tidak bisa mengatur profit dengan baik. Jadi, mereka akan hancur duluan sebelum BEP tercapai.

2. Anda harus bisa menyesuaikan selera pasar dalam memilih waralaba yang akan anda lakukan. Anda harus memilih waralaba yang bukan musiman dan dapat diterima masyarakat di setiap saat.

3. Jika waralaba anda masih terdengar asing di telinga masyarakat maka anda harus memviralkan promosi anda. Anda bisa melakukan promosi dengan berbagai cara seperti melalui sosial media apalagi jika waralaba anda mentargetkan anak muda sebagai pembelinya maka anda harus gencar promosi melalui sosial media. Buatlah promosi yang menari sehingga banyak orang yang penasaran dengan waralaba anda dan tertarik untuk berkunjung.

Nah, itulah tips dan trik bisnis waralaba bagi pemula.  


Member Banner

Google Analytics Alternative