Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Kiat - Kiat

Tips Menjalankan Bisnis Merakyat Berbasis Waralaba

Administrator Kiat Kiat Dilihat 6409 kali

Bagaimana teknik menjalankan bisnis merakyat berbasis waralaba? Setiap pelaku bisnis pasti akan merasa senang jika bisnis yang dijalankannya berhasil memberikan keuntungan besar, bahkan lebih cepat dibandingkan yang mereka perhitungkan. Guna mencapai kesuksesan tersebut, maka bisnis  yang mereka jalankan harus terlebih dahulu melewati titik Break Poin Event (BEP) atau balik modal.

Umumnya, sebuah bisnis diperhitungkan mampu balik modal sekitar pada akhir kedua. Meskipun hal tersebut tidaklah mutlak, namun dibutuhkan perjuangan karena cepat atau lambatnya waktu balik modal tergantung pada bisnis maupun usaha yang mereka jalankan.

Dalam situasi seperti ini, menjadikan usaha waralaba cepat balik modal memang bukanlah perkara mudah. Oleh karena itu sangat perlu bagi Anda untuk memperhatikan beberapa tips sukses seperti yang ada dibawah ini agar bisnis merakyat berbasis waralaba yang sedang Anda jalankan lebih cepat balik modal.

Memilih Lokasi Yang Strategis

Menentukan tempat bisnis waralaba sebaiknya adalah lokasi yang strategis, dengan demikian setiap konsumen akan lebih mudah untuk menjangkaunya. Anda misalnya dapat memilih lokasi usaha yang berada di pinggir jalan raya, lokasi dengan lalu lintas sekitar yang ramai, di sudut perempatan jalan, memiliki tempat parkir yang memadai dan masih banyak lagi.

Dimana semakin ramai lokasi bisnis pilihan Anda dan lebih banyak orang yang melintasinya, pastinya pengunjung kemungkinan besar kesempatan Anda untuk mendapatkan peningkatan omzet usaha juga akan semakin besar.

Mengambil Alih Bisnis Yang Sudah Ada

Terdapat sejumlah strategi bisnis dalam memulai bisnis waralaba dengan cepat, salah satunya yaitu dengan mengambil alih usaha waralaba yang sudah berjalan. Dengan melakukan trik tersebut, maka bisnis yang Anda jalankan lebih cepat dalam meraih banyak konsumen. Sebagai pelaku bisnis Anda hanya perlu menyempurnakannya sesuai dengan karater diri Anda sendiri. Tentu saja tetap sesuai dengan aturan usaha waralaba yang sedang Anda jalankan.

Membeli Hak Utama Usaha Waralaba

Sebagai pelaku usaha dengan modal yang cukup besar, maka Anda tentunya mempu membeli hak utama usaha waralaba di salah satu kota. Dengan demikian, jika ada calon pelaku waralaban dengan ketertarikan membuka usaha tersebut di sebuah kota yang sama harus melalui izin Anda. Strategi bisnis semacam ini akan sangat menguntungkan, dimana Anda bisa mengembangkan bisnis dengan tetap mengatur kondisi persaingan yang sudah semakin ketat.

Menjamin Kelengkapan Barang

Teknik mencegah pelanggan Anda tidak mudah beralih ke outlet lainnya, maka ketersediaan barang yang mereka cari harus tersedia di outlet Anda. Oleh karena itu, menjaga ketersediaan barang dapat menjadi strategi utama untuk memastikan kelancaran penjualan. Angka penjualan yang secara terus menerus mengalami peningkatan, maka bisnis waralaba Anda akan semakin cepat juga balik modal.

Mengawasi Tingkat Efisiensi Biaya

Efisiensi biaya bisnis merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Biaya-biaya tetap seperti listrik, telepon, gaji pegawai, biaya waralaba sekaligus biaya tidak tetap seperti misalnya bahan baku merupakan faktor yang juga sangat menentukan cepat atau lambatnya balik modal pada sebuah bisnis.

Sehingga akan lebih baik dalam menjalankan bisnis merakyat berbasis waralaba Anda lebih pintar mengatur dan menghemat biaya tersebut. Caranya seperti menghemat penggunaan listrik maupun telepon. Anda juga dapat mencoba memilih bisnis waralaba yang dinilai realistis. Bahkan akan jauh bermanfaat bagi Anda jika membayar biaya waralaba tersebut dilakukan setiap bulan dibandingkan harus dibayar lunas di muka.

 


Member Banner

Google Analytics Alternative