Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Kiat - Kiat

Tujuh Langkah Jitu Menjalankan Bisnis Franchise

Administrator Kiat Kiat Dilihat 1921 kali

Bisnis franchise belakangan ini sedang booming di Indonesia. Kebanyakan bisnis adalah berkutat pada bisnis makanan kecil atau pun makanan ringan. Meski tidak menutup kemungkinan beberapa usaha lain yang bekerja di luar lingkaran kuliner tersebut.

Untung Rugi Membuka Bisnis Franchise

Bagi Anda yang ingin membuka bisnis franchise jelas ada analisa untung ruginya pada saat menjalankan bisnisnya. Bagi pejuang usaha pada ayowaralaba.com tentu sudah menyadari analisa untung-rugi dari menjalankan bisnis-bisnis waralaba tersebut. Namun tentu saja, yang terdeteksi hanyalah keuntungan saja.

Dan beberapa dari keuntungan membuka bisnis franchise yang telah diketahui adalah :

a.     Mudah pemasarannya, karena usaha yang dijalankan sudah cukup dikenal, karena telah memiliki nama.

b.    Mudah menjalankannya, di mana bisnis ini jelas sudah teruji sistem operasionalnya. Dan telah memiliki SOP (standar operational procedure) tersendiri yang sudah teruji.

c.     Mudah mengaturnya, ini berhubungan dengan SDM yang tidak terlalu besar dan mudah dikontrol.

Sementara dari sisi kerugian bisa dibilang tidak ada. Kalaupun ada minusnya, semua berpulang pada si pengusaha tersebut dan juga keuletannya dalam menjalankan bisnis franchise tersebut. Biasanya si penggusaha kurang ulet dan tidak terlampau sabar hingga menunggu investasinya kembali modal. Padahal dalam proposal bisnis franchise, perusahaan waralaba sudah mengetengahkan analisa bisnisnya, dan disebutkan pula perkiraan waktu untuk kembali modalnya.

7 Langkah Jitu Menjalankan Bisnis Franchise

Berbisnis franchise, tidak selalu berkutat pada bisnis makanan kecil atau makanan ringan saja. Meski tentu saja tidak bisa dipungkiri bahwa bisnis makanan atau dalam kelompok kuliner lebih menonjol dan banyak yang membidik jenis bisnis tersebut. Namun di samping bisnis jenis kuliner ini, masih ada banyak jenis usaha lainnya yang bisa Anda jalankan.

Namun untuk menjalankan bisnis franchise di tengah banyaknya berbagai pilihan bisnis-bisnis waralaba yang ditawarkan, maka berikut adalah 7 langkah jitu dalam menjalankan bisnis franchise tersebut. Yaitu :

a.     Tepat memilih jenis bisnis yang belum ada di lingkungan Anda. Termasuk juga Anda harus pikirkan bisnis serupa yang mungkin bisa menjadi faktor pesaing bagi Anda, dan seberapa besar Anda berpeluang berhasil dalam pilihan bisnis tersebut.

b.    Carilah jenis bisnis yang paling banyak diminati atau dibutuhkan oleh masyarakat sekitar lingkungan Anda. Dengan strategi tersebut, maka sudah tentu Anda telah membentuk pangsa pasar bidikan khusus atas bisnis yang akan Anda jalankan.

c.     Sesuaikan dengan modal yang Anda miliki. Hal ini mutlak harus Anda ikuti. Karena memilih bisnis dengan kebutuhan modal yang melebihi dari budget yang Anda miliki merupakan bukan langkah yang bijaksana.

d.    Anda harus mempertimbangkan segala kemungkinan pengembangan bisnis yang Anda pilih sangat mungkin berkembang atau tidak. Karena bisnis yang sangat kecil kemungkinan akan berkembang, tentu akan sulit juga bagi operasional Anda dalam mengembangkan sayap bisnis.

e.     Carilah bisnis yang standar operasionalnya paling mudah dijalankan. Karena tentu Anda berharap bisnis Anda akan berkembang. Hal ini penting pada saat Anda mulai berpikir untuk mengembangkan bisnis

f.     Memilih nama besar usaha waralaba Anda adalah penting. Meski bisnis Anda cukup prospek, tapi nama perusahaan waralaba kurang familiar di telinga kebanyakan konsumen, akan membuat bisnis Anda sedikit lambat berkembang.

g.    Siapkan segala resiko dan konsekuensi, karena itu jelas Anda harus menyiapkan Plan B di awal menjalankan bisnis waralaba Anda. Sehingga pada saat bisnis sedang suram, Anda punya strategi pemasaran yang bisa Anda jalankan, agar bisnis Anda tetap hidup dan mampu bersaing secara konsisten dan signifikan.


Member Banner

Google Analytics Alternative