Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Kiat - Kiat

Tips Memilih Waralaba Yang Tepat

Administrator Kiat Kiat Dilihat 1852 kali

Jika Anda mengikuti perkembangan bisnis di Indonesia maka Anda akan menemukan fakta bahwa bisnis di Indonesia sudah sangat berkembang dari tahun ke tahun. Bisnis ini pun ada berbagai macam, ada bisnis yang dilakukan oleh perseorangan secara langsung atas ide sendiri dan ada juga bisnis waralaba yang konsep dan produknya sudah dikerjakan dengan rapi sehingga kita sebagai pebisnis waralaba tinggal menjalankan segala macam konsep yang sudah dibentuk sedemikian rupa oleh penggagas awal bisnis ini. Keuntungan menjalankan bisnis ini adalah kita tinggal menjalankan bisnis yang sudah berjalan di tempat lain sehingga kita tidak perlu berpikir lebih keras untuk soal konsep dan produknya. Namun bisnis ini bisa jadi membawa keuntungan namun bisa juga tidak. Karena mana tahu peminatnya kurang. Maka dari itu jika Anda ingin memulai usaha waralaba ada baiknya Anda memilih waralaba yang tepat

Agar tidak rugi nantinya. Karena waralaba itu juga membutuhkan modal untuk memulainya. Karena kita harus memesan produk beserta propertinya terlebih dahulu. Berikut beberapa tips memilih waralaba yang tepat agar Anda tidak menderita kerugian nantinya:

Pilih Jenis Waralaba Yang Sudah Terbukti

Ada baiknya sebelum Anda memutuskan untuk memilih waralaba yang tepat, Anda cari tahu dulu tentang latar belakang dari waralaba tersebut berikut reputasinya di berbagai daerah lain, agar Anda tahu apakah jenis waralaba tersebut disukai oleh warga kebanyakan atau tidak. Jika memang di daerah lain waralaba itu sangat laris, maka Anda bisa memilih waralaba yang tepat tersebut untuk Anda jalankan di daerah Anda. Untuk memilih waralaba yang tepat Anda jangan hanya tergiur oleh modalnya yang murah saja, tetapi juga cari tahu kualitasnya.

Pilih Waralaba Yang Pasti Legal

Jangan lupa untuk memeriksa apakah waralaba tersebut telah memiliki izin atau tidak, dengan demikian Anda bisa merasa tenang. Karena jika waralaba tersebut tidak memiliki izin dagang maka bisa saja Anda nanti ditipu. Tentunya memilih waralaba yang tepat itu harus berhati-hati, karena tidak ada satu orang pun yang ingin mengalami kerugian bukan?

Kenalilah Franchisornya

Akan lebih baik lagi jika Anda bisa mengenali si franchisor dengan sangat baik, sehingga Anda bisa langsung bertanya bagaimana awalnya ia memulai bisnisnya dan mengetahui secara langsung berapa banyak cabang yang sudah tersebar di Indonesia. Dengan mengetahui fakta tersebut,maka Anda akan lebih yakin lagi dengan reputasi waralaba tersebut di mata masyarakat luas. Jika Anda bisa menggali informasi sebanyak-banyaknya dari franchisor maka pengalaman-pengalaman yang ia ceritakan bisa menjadi pelajaran bagi Anda. Atau jika Anda tidak bisa mengenal franchisor secara langsung, Anda bisa mencoba menghubungi salah satu pebisnis waralaba dari daerah lain yang sudah berhasil dari bisnis waralaba tersebut. Anda minta saran untuk memulai waralaba dan tanyakan bagaimana kelancaran bisnis waralaba yang ia jalankan dan apa kendalanya jadi ke depannya Anda bisa lebih berhati-hati.

Pilih Lokasi Tempat Waralaba

Tempat usaha menjadi tips terakhir dalam tips memilih waralaba yang tepat karena tempat waralaba adalah faktor paling penting yang akan membuat waralaba Anda menjadi laris atau tidak. Untuk mudahnya pilihlah lokasi yang dekat dengan pusat keramaian seperti perkantoran, sekolah, kampus atau pasar. Dengan begitu Anda akan lebih mudah dalam mencari pelanggan. Jika Anda menempatkan bisnis Anda di tempat yang tidak terlalu ramai, maka Anda akan kesulitan mendapat pelanggan, apalagi di awal-awal pembukaan bisnis Anda. Maka dari itu memilih tempat ramai adalah jalan tengah yang paling baik dalam memulai bisnis waralaba.


Member Banner

Google Analytics Alternative