Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Kiat - Kiat

Beberapa Tips Menjalani Transisi Pegawai Menjadi Pengusaha

Administrator Kiat Kiat Dilihat 885 kali

Pilihan profesi merupakan sesuatu yang menjadi sebuah keputusan besar bagi kebanyakan orang, beberapa orang berkompromi dan memilih jalan aman sedangkan beberapa yang lain memilih mengambil resiko dengan menjalani profesi tertentu yang memang diinginkan. Salah satu pilihan jalan yang aman adalah dengan menjadi pegawai karena ada keamanan dan kepastian finansial mendapat gaji setiap bulan. Namun dengan menjadi pegawai maka besaran pendapatan per bulan akan terbatas pada besaran gaji yang diterima. Pilihan lain yang dapat dipilih adalah dengan menjadi pengusaha, dengan menjadi pengusaha maka tidak ada batasan mengenai besaran pendapatan dan bahkan seorang pengusaha dapat menjadi pihak yang memberi gaji bagi pegawai atau karyawan yang bekerja pada dirinya.

Keinginan untuk mendapatkan penghasilan besar dan tidak terbatas serta keinginan bekerja tanpa tekanan seperti yang biasa dialami oleh karyawan atau pegawai seringkali menjadi alasan mengapa seseorang memutuskan tidak mau lagi menjadi pegawai dan memilih menjadi pelaku bisnis atau pengusaha. Namun keputusan tersebut sebaiknya diambil dengan pertimbangan yang matang dan hati – hati karena keputusan yang emosional dan tergesa – gesa dapat berdampak buruk bagi kondisi keuangan seseorang, terutama jika bisnis baru yang dijalankan belum menghasilkan keuntungan dan gaji sebagai pegawai sudah tidak lagi diterima. Dibutuhkan perencanaan dan pilihan strategi bisnis yang tepat agar seorang mantan pegawai dapat sukses sebagai pengusaha.

Salah satu hal terpenting ketika memutuskan menjadi pengusaha dan berhenti sebagai pegawai adalah memiliki rencana bisnis yang matang. Ada baiknya merintis bisnis selagi masih menjadi pegawai sehingga ketika tidak lagi menjadi pegawai maka bisnis yang ingin ditekuni telah berjalan dan tinggal melanjutkan. Akan selalu ada masa transisi dari segi pola kehidupan hingga besaran penghasilan ketika seseorang beralih dari seorang pegawai menjadi pengusaha atau wirausahawan. Pilihan rencana dan strategi bisnis yang tepat akan memperkecil resiko kegagalan usaha yang baru dirintis. Ada baiknya untuk tidak menginvestasikan seluruh uang tabungan di bisnis yang tengah dirintis agar tidak mengalami kebangkrutan total jika bisnis yang direncanakan ternyata gagal.

Sangat dianjurkan untuk bekerja sama dengan rekan bisnis guna mengurangi beban modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha. Mendapatkan rekan bisnis yang telah memiliki pengalaman mengelola usaha akan menjadi keuntungan lain yang dapat diperoleh. Pengetahuan tentang teori bisnis akan berguna, namun pengetahuan yang berasal dari pengalaman dapat menjadi jauh lebih berguna. Pilihan memiliki rekan bisnis yang telah berpengalaman akan meringankan tugas dan tekanan bagi seseorang yang baru saja memulai kehidupannya sebagai pengusaha setelah sekian lama menjadi pegawai.

Usaha keras dan fokus merupakan beberapa hal lain yang harus diperhatikan dan dilakukan oleh seseorang yang baru saja memutuskan untuk hijrah dari seorang pegawai menjadi pengusaha. Harus diketahui bahwa hasil yang diperoleh seorang pengusaha biasanya berbanding lurus dengan usaha yang dikeluarkan, berbeda dengan menjadi pegawai dimana seberapa besar usaha yang dilakukan maka besaran gaji yang didapat tetap akan sama. Berusaha keras dengan harapan mendapatkan hasil sebanyak mungkin wajib dilakukan oleh seorang pengusaha, terutama ketika tengah merintis usaha dan dengan banyak keterbatasan seperti belum memiliki pegawai ataupun tempat usaha yang memadai. Fokus pada tujuan dan optimis wajib dilakukan, perhatian yang terpecah seperti tergoda memulai bisnis lain selain yang tengah dirintis dapat membuat konsentrasi dan juga modal menjadi terpecah sehingga hasil yang diperoleh tidak maksimal dan bahkan semua usaha yang dicoba menjadi gagal.


Member Banner

Google Analytics Alternative