Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Kiat - Kiat

Tips Memilih Pegawai

Administrator Kiat Kiat Dilihat 1066 kali

Apakah Anda saat ini sedang membutuhkan tips memilih pegawai yang baik dan dapat bekerja untuk kebutuhan pekerjaan? Memilih pegawai memang bukan hal yang mudah namun juga tidak terlalu sulit. Namun memilih pegawai yang jujur, dapat diandalkan dan bertanggung jawab dengan pekerjaanya sangatlah sulit. Ketika Anda memilih pegawai didasarkan pada beberapa tips dalam pemilihan. Dengan beberapa tips yang dipilih maka dihadapkan pegawai yang dipilih sesuai dengan kriteria. Yang perlu diperhatikan adalah agar Anda bersikap loyal kepada pegawai dan ketahui asal-usul yang jelas mengenai pegawai yang akan dipekerjakan. Walaupun pegawai tersebut adalah rekomendasi dari orang yang dikenal misal sahabat, kerabat atau pun orang tua tetaplah menggunakan prosedur yang ada. Hal ini dilakukan agar Anda keamanan dan kenyamanan untuk kedepannya. Untuk mengetahui beberapa tips memilih pegawai Anda dapat menggunakan kriteria yang berikut ini akan dijelaskan.

Tips memilih pegawai yang harus diketahui yaitu

·         Kemampuan

Dalam menjalani pekerja diharapkan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki agar penanganan dapat dilakukan dengan maksimal. Tak harus jurusan pendidikan yang dimiliki namun jika Anda merasa bahwa pegawai yang dites dengan beberapa pertanyaan dapat dilakukan. Maka tak ada salahnya menerima pegawai tersebut. Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh pegawai yang akan diterima untuk bekerja pada perusahaan Anda. Beberapa kemampuan tersebut terdiri dari kemampuan dasar untuk menjalani pekerjaan, kemampuan dalam memecahkan masalah yang ada dan memiliki cara pandang yang luas demi kemajuan perusahaan atau usaha Anda. Dengan memiliki tiga kemampuan tersebut maka pegawai yang direkrut akan lebih maksimal dalam menjalani pekerjaan dengan Anda.

·         Karakter

Dalam pekerjaan tentunya akan ada tekanan baik tekanan yang ringan maupun berat dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Biasanya seseorang akan terlihat karakternya ketika bekerja misalnya saja sabar, kritis, bertanggung jawab, terburu-buru dan lain sebagainya. Namun karakter yang sebaiknya dimiliki ketika memilih pegawai yaitu sopan santun, mampu mengendalikan emosi, berpikir dengan tenang dan bersikap bijak dalam merespon suatu kejadian. Hal ini dapat diketahui pada masa training yang dilakukan. Untuk itu sebaiknya Anda menggunakan cara memilih pegawai dengan diketahui karakter melalui adanya training dalam tiga bulan. Dalam masa itu akan menentukan perpanjangan pekerjaan pada bulan selanjutnya.

·         Kejujuran

Sebaiknya Anda mengetahui mengenai kejujuran yang dimiliki calon pegawai dengan serangkaian test yang dimiliki. Kejujuran sangat diperlukan dalam suatu pekerjaan yang dilakukan nantinya. Untuk itu alangkah baiknya menetapkan rasa kejujuran dan jika ada tindakan ketidakjujuran maka akan ada beberapa sangsi. Hal ini haruslah ditetapkan dari awal agar Anda dapat memilih karyawan yang memang benar-benar jujur.

·         Komitmen

Komitmen dapat diketahui dari rasa tanggung jawab dari pekerjaan yang diberikan. Apakah bisa menyelesaikan atau tidak walupun dalam kondisi yang sulit. Ketika kondisi sulit dalam perusahaan tersebut dan karyawan tersebut malah berpindah dalam perusahaan maka tak ada komitmen yang ada pada diri pegawai tersebut. Biasanya orang yang seperti ini akan menjalani pekerjaan dengan setengah hati ketika diberikan tanggung jawab. Untuk itu jangan sampai memilih karyawan dengan salah karena dapat berakibat fatal.

·         Kepatuhan terhadap peraturan

Yang terakhir yang tidak kalah penting adalah mengenai kepatuhan terhadap peraturan yang diberikan. Apabila karyawan tersebut patuh berarti kemauan untuk pekerjaan yang dijalani akan didapatkan secara maksimal. Namun jika sering terjadi pelanggaran maka karyawan tersebut tidak bekerja dengan sungguh-sungguh.


Member Banner

Google Analytics Alternative