Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Kiat - Kiat

Berikut Ini Beberapa Tips Menarik Usaha Di Musim Haji

Administrator Kiat Kiat Dilihat 935 kali

Tips menarik usaha pada musim haji berikut ini dapat menjadi pertimbangan Anda yang ingin menjalankan usaha khususnya usaha insidental pada musim haji.

Mengetahui keinginan pangsa pasar sekitar

Ketika berniat menjual sebuah produk musiman khususnya pada musim haji, untuk menentukan apakah nanti produk yang dijual mendatangkan keuntungan atau tidak, ada baiknya Anda melakukan survey pasar terlebih dahulu dan mengetahui apa jenis produk yang paling banyak dibutuhkan oleh konsumen di sekitar Anda. jika Anda sudah memiliki produk tertentu sebelumnya, cobalah lakukan inovasi produk yang dimiliki tanpa melupakan standar yang ada, sehingga produk yang lebih baru akan langsung menarik minat banyak konsumen di sekitar Anda. 

Konsistensi produk

Konsistensi yang dipertahankan dalam sebuah produk akan membuat kualitas produk yang Anda jual juga terjamin. Oleh karena itu, ketika Anda menjual sebuah produk jangan lupa untuk terus menguji konsistensi produk tersebut. sebagai contoh ketika Anda menjual produk makanan dan minuman yang biasanya selalu dijual pada saat musim haji, maka hal yang perlu dilakukan adalah menjaga agar makanan dan minuman yang dijual tidak berubah rasa serta kemasan yang digunakan selama proses pengepakan tetap terjamin kehigienisannya sehingga kebutuhan konsumen terlayani dengan baik tanpa ada masalah di kemudian hari. 

Fleksibilitas konsumen

Menjalani bisnis musiman khususnya pada musim haji adakalanya membutuhkan strategi tersendiri jika Anda ingin usaha yang dijalankan memperoleh keuntungan besar. Hal tersebut dapat Anda lakukan dengan memperhatikan dan mendengarkan kritik serta saran dari para pelanggan Anda sehingga kebutuhan konsumen terlayani dengan baik, Anda juga mendapatkan keuntungan. Contohnya saja Anda menjual hewan qurban menjelang hari lebaran haji, jika pada awalnya Anda hanya menjual hewan Qurban dari pukul 8 pagi hingga 2 siang, maka untuk menarik konsumen lebih banyak, Anda dapat mencoba membuka lapak semi permanen hingga pukul 6 sore.

Kualitas produk

Barang apapun yang Anda jual, maka haruslah diperhatikan kualitas barang tersebut. Sebagai contoh ketika Anda menjual pakaian yang akan digunakan konsumen sebagai pakaian ihram untuk pergi berhaji maka Anda harus memperhatikan apakah kualitas barang sudah sesuai dengan syariat agama atau belum. Termasuk jika bahan yang digunakan untuk produksi barang tersebut semula berharga murah kemudian naik karena krisis moneter atau masalah ekonomi lainnya, jangan langsung menaikkan harga atau mengurangi kualitas produk karena hal tersebut dapat menjadi masalah untuk Anda di kemudian hari. Sama halnya jika Anda menjual minyak wangi khas Madinah, perhatikan kualitas minyak yang Anda jual agar semakin banyak konsumen yang memanfaatkan produk yang Anda jual. Semoga hal-hal diatas bermanfaat bagi Anda sebagai tips menarik usaha pada musim haji.


Member Banner

Google Analytics Alternative