Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Kiat - Kiat

Cara Membaca Pangsa Pasar Usaha Di Sekitar Anda

Administrator Kiat Kiat Dilihat 3056 kali

Cara membaca pangsa pasar usaha yang ada di sekitar Anda sebenarnya adalah hal yang mudah asalkan Anda memiliki ketelitian dan ketekunan ketika melakukan survey. Karena hasil kesimpulan yang diperoleh dari pembacaan pangsa pasar di sekitar Anda tersebut akan menjadi tolok ukur ketika Anda berniat membuka usaha di suatu bidang tertentu. Berikut adalah beberapa kriteria yang dapat digunakan sebagai patokan survey pangsa pasar.

Jenis produk

Anda dapat membaca pangsa pasar yang ada dengan cara menyesuaikannya pada produk yang akan Anda jual. Sebagai contoh jika Anda memiliki usaha pakaian distro atau pakaian lain, maka usahakan untuk menjual produk dengan desain dan warna yang sekiranya akan cocok dikalangan konsumen sasaran Anda. Dengan demikian, usaha yang Anda rintis dapat berkembang tanpa banyak kendala.  

Gaya hidup

Sesuaikan produk Anda dengan gaya hidup orang-orang yang ada disekitar Anda. lakukan survey tidak hanya pada satu kalangan usia tetapi beberapa kalangan usia dan kemudian terapkan hasil survey untuk melakukan inovasi pada produk Anda. sebagai contoh ketika Anda adalah seorang pengusaha yang bergerak di bidang kuliner dan menjual makanan oriental, maka ada baiknya Anda menyesuaikan rasa dan kualitasnya untuk selera orang yang pastinya berbeda-beda. Jangan lupa untuk menyesuaikan hidangan yang ada agar dapat dikonsumsi mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Pengaruh Lingkungan

Ketika Anda ingin membuka usaha di suatu bidang tertentu ada baiknya jika Anda memprediksi pengaruh lingkungan terkait dengan produk yang akan Anda tawarkan. Ada beberapa hal terkait lingkungan yang dapat dikategorikan sebagai berikut:

a.   Musim

Anda dapat mengembangkan pangsa pasar yang sudah ada dengan mensurvey konsumen terkait cuaca, yang dimaksudkan disini adalah menyesuaikan barang atau jasa dengan musim saat Anda memasarkannya. Sebagai contoh ketika Anda ingin memasarkan es buah atau es krim maka akan lebih baik jika penjualannya diperbanyak di musim kemarau daripada musim penghujan karena pembeli produk tersebut pun akan semakin banyak di musim kemarau yang panas. 

b.   Hari keagamaan

Ada kalanya seseorang akan menjual barang mendekati hari raya keagamaan tertentu, jika Anda ingin melakukan hal yang sama cobalah untuk mengetahui kebutuhan apa yang insidental namun selalu dibutuhkan menjelang hari raya keagamaan tersebut.

c.   Area

Area yang dimaksud disini adalah area yang berhubungan dengan sebaran konsumen. Misalnya saja area sekolah, perkantoran, atau kos-kosan. Ketika ingin membuka usaha yang berhubungan dengan salah satu area tersebut secara otomatis, Anda harus menyesuaikan barang dengan kebutuhan area. Contohnya jika Anda berjualan di kawasan sekolah, mungkin usaha yang Anda buka akan menghasilkan keuntungan saat berkaitan dengan makanan dan minuman ringan khas anak sekolah. Setelah mempelajari cara membaca pangsa pasar usaha diatas semoga usaha yang Anda lakukan sukses dan lancar.


Member Banner

Google Analytics Alternative