Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Kiat - Kiat

Empat Usaha Kecil Online yang Sedang Digemari di Indonesia

Administrator Berita Dilihat 1306 kali

Di zaman modern seperti sekarang, membangun sebuah bisnis bisa dilakukan dengan cara mudah. Bermodalkan beberapa soft skill, pegawai, serta koneksi internet, kita bisa memulai usaha kecil secara online. Usaha yang sedang berkembang pesat di Indonesia ini telah melahirkan banyak pebisnis sukses di usia muda. Maka, tak heran jika peminatnya pun semakin banyak.

Di bawah ini, ada beberapa usaha kecil secara online yang bisa kita geluti.

1. Toko Online dan Dropshipping

Facebook, Twitter, dan Instagram bukan lagi sekadar tempat bersosialisasi. Bagi para pelaku bisnis, media-media sosial tersebut dapat disulap menjadi toko online. Di sana, mereka menjajakan produk melalui foto berkualitas tinggi yang dilengkapi keterangan produk pada caption-nya. Kelebihan toko online adalah dapat menjangkau konsumen tanpa batasan waktu maupun tempat. Selain itu, ada pula dropshipping yang masih berkaitan dengan bisnis toko onlineDropshipping merupakan perantara produsen dan konsumen yang menggunakan media website atau blog. Usaha kecil ini modalnya tidak terlalu besar atau nihil sama sekali.

2. Menjadi Blogger

Menulis di blog bagi sebagian orang hanyalah sebuah hobi untuk mengisi waktu luang. Namun, blogger atau pengelola blog yang tekun dan terus memoles tulisannya dapat menarik pembaca yang banyak. Semakin banyak orang yang berkunjung, semakin tinggi pula trafiknya. Faktor tersebut dapat menarik para advertiser untuk memasang iklan di blog tersebut. Selain mendapat bayaran, blogger juga akan meraih beberapa keuntungan seperti mengikuti seminar bisnis online dan lain-lain. Usaha kecil ini tentunya dapat dilakukan siapapun, terutama yang aktif menggunakan blog.

3. Menjual Buku Elektronik (E-book)

Meski belum sebanyak buku cetak, minat akan buku elektronik atau e-book mulai merangkak naik. E-book biasanya ditemukan dalam beberapa format, di antaranya adalah PDF dan EPUB. Jika kita bisa mengemas tulisan dalam bentuk e-book, hal ini dapat menjadi peluang usaha online yang cukup menguntungkan. Buku-buku elektronik tersebut dapat dijajakan pada sebuah situs dan pembeli dapat melakukan pembayaran melalui transfer bank. Kelebihannya adalah kita tidak perlu membebani pembeli dengan ongkos kirim dan e-book dapat cepat sampai melalui surat elektronik.

4. Mengulas atau Review Produk

Sama seperti halnya blogging, modal utama untuk usaha kecil ini adalah keterampilan menulis yang persuasif. Penulis biasanya diminta untuk mengulas sebuah produk dengan kalimat meyakinkan dan bahasa baku. Pihak produsen pun mengharapkan penulis untuk menonjolkan poin kelebihan dari produk mereka. Sehingga, pembaca yang membaca tulisannya akan tertarik untuk membeli produk tersebut. Dari menulis review produk ini, penulis bisa mendapatkan bayaran berupa uang atau produk yang dia review. Usaha kecil ini cukup diminati, terutama bagi mereka yang gemar menulis.


Member Banner

Google Analytics Alternative