Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Kiat - Kiat

Empat Tips Penting untuk Meraih Untung Besar dari Modal Kecil

Administrator Kiat Kiat Dilihat 676 kali

Modal kecil kerap membuat pebisnis pemula ragu dalam menjalankan bisnisnya. Mereka takut keuntungan yang didapatkan nanti tidak sesuai dengan ekspektasi. Padahal, jika kita cukup cerdas dalam mengelola modal kecil tersebut, tidak menutup kemungkinan kita juga akan mendapatkan keuntungan berlipat ganda.

Lantas, bagaimana caranya? Mari kita simak tips untuk memutar modal kecil menjadi laba besar di bawah ini.

1. Memberikan Pelayanan Terbaik pada Konsumen

Ada yang mengatakan bahwa konsumen adalah raja. Dalam hal ini, bukan berarti kita bersikap seperti budak untuk pelanggan. Namun, kita harus memberikan pelayanan maksimal dan dapat membuat konsumen nyaman. Modal kecil seharusnya tidak membuat kita jadi asal-asalan dalam melayani konsumen. Hal tersebut justru harus memacu kita untuk cekatan dan profesional. Sehingga, pelanggan akan merasa puas dengan produk maupun usaha kita dan siapa tahu nantinya akan menarik konsumen baru.

2. Menentukan Target Sesuai dengan Produk

Karena modal yang kita miliki tidak besar, ada baiknya kita harus menentukan target sebelum memasarkan produk. Selain menghemat pengeluaran, kita juga dapat lebih maksimal dalam mempromosikan produk tersebut pada target. Pastikan produk atau jasa yang kita tawarkan sesuai dengan kebutuhan para konsumen. Jika kita berhasil meyakinkan target, mereka bukan hanya akan membeli, tetapi juga merekomendasikannya pada teman-teman yang masih berada dalam lingkup target pemasaran.

3. Riset Seputar Bisnis yang Digeluti

Bisnis dengan modal kecil tampak kesulitan untuk bersaing dengan usaha besar. Namun, itu bukan berarti peluang kita untuk mendapat laba besar ikut mengecil pula. Dengan melakukan riset tentang teknik pemasaran untuk bisnis yang sedang digeluti, kita bisa menarik konsumen sebanyak mungkin. Contohnya mengaplikasikan teknik geoconquesting, yaitu teknologi berbasis lokasi di mana kita bisa mempromosikan produk pada konsumen di kawasan tertentu. Gunakan data dan hasil riset sebagai alat pendukung.

4. Mengenal Teknologi Terkini

Di era serba canggih seperti sekarang, pelaku bisnis pun perlu melek akan perkembangan teknologi. Sebab, kebanyakan calon konsumen sudah begitu tergantung dalam penggunaan gawai seperti ponsel pintar atau laptop. Kita dapat memanfaatkan perangkat elektronik tersebut untuk mengembangkan bisnis. Misalnya dengan membuat situs atau akun media sosial untuk menjual produk, sehingga kita bisa berinteraksi dengan konsumen di mana dan kapan saja.

5. Memberi Pengalaman Belanja yang Berkesan

Produk yang menarik akan tampak biasa saja tanpa pengalaman belanja yang mengesankan. Selain cepat tanggap dalam melayani konsumen, kita juga harus meninggalkan kesan yang berbeda terhadap mereka. Apalagi jika pelanggan kita berasal dari kalangan menengah ke atas. Meski modal bisnis kita kecil, berikan kesan jika produk yang kita jual pun layak berada di level mereka.


Member Banner

Google Analytics Alternative