Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Kiat - Kiat

Tips Memulai Bisnis

Administrator Kiat Kiat Dilihat 944 kali

Bisnis yang dibangun dari awal bukanlah tanpa tantangan, tetapi menjadi bos bagi diri anda sendiri dan melakukan apa yang disukai akan menjadi sangat luar biasa.

 

Awali bisnis anda dengan tips berikut yang dapat membantu anda. Mulai dari ide usaha hingga membangun brand Anda sendiri.

 

  1. Tuangkan Ide Kreatif. Langkah awal bisnis baru dimulai dari ide.

 

Kumpulkan dan buatlah daftar bisnis yang ada dalam benak Anda dan Anda piker Anda sanggup memulai bisnis tersebut. Mulai dari bisnis berbasis rumahan sampai bisnis internet. Atau opsi bisnis lain seperti waralaba. Jika anda memilih waralaba, semua konsep, merek, dan model bisnis sudah ada. Yang Anda butuhkan hanya lokasi strategis dan keperluan kecil lainnya.

 

Setelah Anda menumpulkan semua daftar ide bisnis ada, lakukan riset segera ke perusahaan yang telah ada dan berkembang sesuai yang Anda pilih. Belajar bagaimana pelaku bisnis menjalankan bisnis mereka, dan solusi bagaimana Anda bisa berbisnis.

 

 

  1. Buatlah Strategi/Rencana Bisnis

 

Ide – ide didapat, beberapa pertanyaan penting harus Anda tanyakan pada diri Anda sendiri. Apa tujuan dari bisnis Anda? Kepada siapa Anda menjual hasil dari produk Anda? Apa tujuan akhirnya? Bagaimana budget dan pembiayaan bisnis awal Anda? Semua pertanyaan mudah terjawab dengan rencana bisnis yang rapi dan kreatif.

 

Rencana bisnis membantu Anda mengarahkan bisnis yang Anda jalankan, bagaimana mengatasi masalah yang akan muncul, dan apa yang Anda perlukan untuk menjaga bisnis Anda. Dalam membuat rencana bisnis, poin – poin yang perlu dicatat :

  1. Jenis bisnis dan bagaimana mencapai tujuan
  2. Bagaimana mengisi kebutuhan pasar
  3. Riset pasar
  4. Manajemen bisnis
  5. Pelayanan atau lini produk
  6. Termasuk Hak Cipta bila diperlukan
  7. Strategi penetrasi dan pertumbuhan pasar
  8. Estimasi biaya dan pendanaannya

 

 

  1. Pendanaan / Budgeting

 

Dalam hal pendanaan, Anda sebaiknya berpikir dahulu apakah bisnis yang dijalankan sekedar sampingan atau menjadi sumber pecaharian utama. Jika sekedar sampingan dari pekerjaan utama, maka Anda bisa menutup biaya dari pendapatan utama Anda tanpa berhutang. Tetapi, bila anda memiliki rencana membuat bisnis ini menjadi pekerjaan utama, sebaiknya anda bersabar dulu dengan menabung untuk mengawali bisnis dan “mematangkan” diri sebelum mulai meraup untung.

 

Untuk memulai bisnis anda, kredit perbankan bisa jadi langkah yang baik. Pinjaman dari keluarga atau sahabat juga menjadi cara yang baik untuk memulainya, asal anda bisa mengembalikan dikemudian hari

 

 

  1. Memasarkan Produk

 

Ide awal bisnis yang baik tidak berjalan bagus jika orang lain tidak mengetahui  produk apa yang anda jual. Walaupun pemasaran dari mulut ke mulut masih ampuh, anda juga harus memasarkan ke luar lingkungan social anda.

 

Sebelum memasarkan, anda harus membangun sebuah brand terlebih dahulu. Social media adalah cara praktis untuk bisnis yang masih seumur jagung. Buatlah sebuah logo yang orang lain mudah mengingat logo produk anda. Social media sebagai sarana promosi, missal membuat promosi 30 orang pertama yang like di laman facebook bisnis andaakan mendapatka penawaran khusus. Menjalankan bisnis juga memiliki banyak resiko bisnis, namun bila anda sudah mempersiapkan dengan matang dan pengetahuan yang cukup, anda bisa melalui semua resiko dan menjalankan bisnis dengan menyenagkan.

 

 

Selamat Memulai Bisnis!


Member Banner

Google Analytics Alternative