Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Kiat - Kiat

Jenis Modal yang Diperlukan untuk Memulai Bisnis

Administrator Berita Dilihat 1675 kali

Modal kerja adalah ukuran uang kas dan aset yang Anda akan gunakan untuk mendanai operasional dari perusahaan Anda. Artikel ini akan membantu Anda untuk mengelola bisnis Anda dan membantu Anda untuk membuat keputusan investasi yang baik. Perusahaan yang akan memiliki masa depan yang cerah adalah perusahaan yang memiliki modal besar. Akan tetapi jika dibarengi dengan kerja keras dan sumber daya manusia yang kompeten akan membantu perusahaan untuk terus melaju dengan baik. Hal ini sudah dibuktikan oleh banyak pengusaha di Indonesia tapi memang tidak sembarangan orang yang bisa melakukannya. Dibutuhkan tekad, daya juang dan juga kemampuan memanage resiko yang baik untuk melakukannya. Untuk membuka sebuah usaha salah satu yang tidak bisa di hindari adalah mengatur keuangan mulai dari modal hingga masalah pembayaran. Untuk menentukan modal yang Anda perlukan untuk membuka sebuah bisnis Anda bisa menggunakan patokan sebagai berikut.

Modal awal

Modal awal adalah modal dasar untuk memulai bisnis Anda. Ketika Anda akan membuat sebuah bisnis Anda perlu melihat barang dan jasa apa saja yang Anda butuhkan sebagai modal. Modal awal adalah modal yang dasar yang diperlukan. Modal dasar ini digunakan untuk membeli keperluan keperluan dasar. Misalnya Anda akan membuat sebuah bisnis pakaian maka Anda perlu menyiapkan dana untuk meterial dan bahan bahan baku lainnya. Hal-hal ini yang disebut dengan biaya dasar.

Modal kerja

Modal kerja adalah modal yang diperlukan untuk membuat sebuah produk. Misalnya Anda membutuhkan penjahit untuk membuat sebuah pakaian yang akan Anda jual setelah itu Anda butuh tenaga laundy dan juga tenaga untuk setrika pakaian Anda. Jika Anda ingin melakukan penjualan online pakaian-pakaian Anda, Anda bisa saja membutuhkan biaya untuk model dan juga fotografer untuk memoret pakaian-pakaian Anda.

Modal operasional

Selain modal diatas Anda juga akan membutuhkan modal operasional. Modal ini Anda butuhkan untuk menjalankan bisnis Anda. Misalkan Anda memiliki sebuah toko. Anda akan membutuhkan biaya sewa tempat biaya pembayaran listrik, biaya air, biaya gaji dan juga biaya internet jika Anda akan menjalankan usaha Anda secara online.

Jika Anda ingin membuat usaha kecil-kecilan hal tersebut cukup Anda buat sebagai pertimbangan. Tapi akan lebih baik lagi jika Anda membuat sebuah business plan. Business plan akan membantu Anda membuat sebuah sistem perencanaan yang lebih baik untuk usaha Anda. Di dalam business plan Anda bisa membuat bisnis Anda lebih matang. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan kisaran modal yang lebih tepat sehingga bisnis Anda tidak akan kesusahan nantinya. Pengaturan modal dan keuangan ini sangat penting untuk menjaga stabilitas bisnis Anda.


Member Banner

Google Analytics Alternative