Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Kiat - Kiat

Tips Menghadapi Tren Waralaba Terbaru

Administrator Kiat Kiat Dilihat 1407 kali

Tren waralaba dari tahun ke tahun cenderung berubah, namun tidak berbeda jauh dari masa-masa sebelumnya. Bahkan, tren yang populer di tahun lalu semakin berkembang di tahun berikutnya, serta mengalami transformasi yang cukup memuaskan. Pilihan waralaba juga tak akan menyedot anggaran modal yang terlalu besar karena bisa disesuaikan kemampuan finansial dan kapasitas sumber daya manusianya.

Aturan pendirian bisnis waralaba juga telah ditetapkan sekaligus dilindungi oleh pemerintah, sesuai dengan pasal yang tercantum pada PP No.42/2007. Persyaratannya cukup mudah dan wajib memastikan target yang menguntungkan. Meski kesannya sangat mudah, belum tentu setiap orang memahaminya dengan baik. Justru persiapannya harus terencana dalam skema dan observasi yang mendalam. Bukan asal mendirikan waralaba tanpa kalkulasi yang tepat.

- Peluang Profit

Oleh karena itu, menghadapi tren waralaba yang akan datang, dibutuhkan kematangan berpikir dan menerjemahkannya dalam rencana taktis. Nah, ada sejumlah kriteria mendasar untuk memilih tipe waralaba yang sesuai dan benar-benar akan menghasilkan profit bagi Anda. Pertama-tama adalah peluang profit. Sebesar apakah profit yang akan Anda terima dari bisnis waralaba tersebut? Apakah memang akan sangat sukses, cukup sukses, atau malah biasa-biasa saja? Cari tahulah informasi tentang induk waralaba itu apakah peluang untungnya masih besar di masa mendatang. Atau jangan-jangan mereka sengaja menjual unit sebanyak-banyaknya karena perhitungan kemungkinan rugi yang membebani.

- Kredibilitas Produk

Sepopuler apa sih warabala yang akan Anda dirikan itu? Apakah induk waralabanya punya reputasi yang bagus di masyarakat? Jangan cuma tergiur pada tingkat reputasinya yang besar namun tidak mempertimbangkan opini masyarakat sebagai konsumen. Selain itu, masalah kredibilitas juga wajib dicari tahu dari aspek legalitas. Jangan sembarangan pilih waralaba karena siapa tahu ada masalah-masalah tertentu yang terkait dengan aturan hukum berlaku.

- Keunikan Produk

Jenis waralaba yang menjamur dan menjangkau banyak wilayah saat ini adalah mini market. Bisa saja Anda memang berencana untuk mendirikan waralaba itu. Asalkan di lokasi yang hendak dipilih itu tidak ada atau belum ada pesaing yang kompetitif. Namun alangkah baiknya jika jenis waralaba yang dipilih itu memang pada dasarnya unik dan masih sangat jarang dijumpai. Tapi, segmentasinya juga harus jelas. Sebab, percuma menawarkan produk jika pasarnya saja tak ada.

- Tren Pasar

Unik saja tidak pernah cukup. Bahkan bisa jadi menimbulkan kerugian yang sangat besar. Yang wajib dicermati ialah tren pasar yang sedang berlangsung. Apakah produk waralaba itu sedang dalam masa-masa jayanya, atau justru mengalami penurunan permintaan pasar? Dewasa ini, tren yang berkembang berkisar pada bidang-bidang pendidikan, kesehatan, kecantikan, dan kuliner. Sekiranya ingin mencoba produk yang lebih unik, sangat disarankan untuk melakukan pengamatan dan survei mendalam.


Member Banner

Google Analytics Alternative