Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Kiat - Kiat

Cara Sederhana Menghitung Takaran Keuntungan Usaha Anda

Administrator Kiat Kiat Dilihat 3952 kali

Menghitung takaran keuntungan tentunya penting untuk dilakukan, apalagi bagi jenis usaha kecil dan menengah yang banyak tidak memperdulikan hal tersebut. Mengapa takaran keuntungan perlu dihitung? Hal ini berkaitan dengan perkembangan dari usaha yang tengah Anda jalani. Apakah usaha tersebut mengalami perkembangan ataukah tidak? Karena banyak sekali dintaranya sebuah perencanaan usaha yang menganalisis jika usaha yang dlakukan olehnya dapat menghasilkan keuntungan besar. Namun dalam kenyataannya justru usaha tersebut malah mengalami kerugian yang cukup besar.

Hal ini tentu saja terjadi karena sistem perhitungan yang dilakukan dengan  tidak baik, seperti halnya bentuk keuangan pribadi dan keuangan usaha yang tercampur, dan juga sistem keuangan yang tidak jelas serta terpakai untuk kepentingan pribadi dan lain sebagainya. Karena itulah untuk menghindari beberapa hal yang mengganggu usaha Anda itu, maka sebaiknya Anda coba terapkan cara sederhana dalam menghitung keuntungan usaha dengan jalan berikut ini :

Sistem pembukuan

Pembukuan adalah cara paling sederhana yang bisa Anda lakukan untuk memulai usaha dan berbagai macam bentuk perencanaan serta pelaksanaannya. Berikut ini terdapat beberapa point penting yang seringkali terdapat dalam bagian pembukuan, diantaranya :

- Melakukan usaha tentunya tidak pernah terlepas dari pengeluaran operasional. Jenis pengeluaran ini wajib untuk Anda cantumkan setiap harinya, begitu pun dengan pendapatan yang Anda hasilkan pada hari tersebut. Dengan demikian, maka Anda akan memiliki patokan untuk hari-hari kedepannya apakah jenis usaha yang Anda jalankan menghasilkan keuntungann atau sebaliknya.

- Penggunaan modal juga menjadi bagian tepat dalam menghitung takaran keuntungan, karena itulah sebaiknya dalam pembukuan Anda memisahkan bagian perhitungan antara penggunaan modal dengan bagian dari sumber modal yang Anda gunakan.

- Selain dua hal di bagian atas tadi, Anda juga diwajibkan untuk menghitung stok barang dalam sistem pembukuan. Karena dengan bantuan dari pembukuan tersebut, maka Anda pun dapat mengetahui dengan lebih pasti apakah barang tersebut masih ada, atau sudah habis.

Sistem perhitungan sederhana

Selain melakukan sistem pembukuan pada bagian di atas tadi, Anda pun dapat menghitung takaran dari usaha Anda dengan cara yang lebih mudah. Ingin tau bagaimana cara menghitungnya? Simaklah penjelasannya di bawah ini :

- Jumlahkanlah semua bentuk keuangan yang Anda miliki pada saat tersebut, entah itu yang sudah terdapat dalam bentuk uang, atau bahkan masih berupa nota tagihan. Setelah itu tambahkanlah jumlah tersebut dengan jumlah stock barang yang masih ada.

- Jika total keseluruhan dari jumlah tersebut melebihi jumlah dari modal awal, maka jumlah lebih yang dimilikinya adalah nilai keuntungan pertama yang bisa Anda raih. Namun hal tersebut menjadi keuntungan dengan syarat Anda tidak memiliki jumlah pembayaran atau bahkan hutang perusahaan yang harus dibayar.

- Namun jika Anda memiliki tanggungan atau pun kewajiban yang harus Anda bayarkan, seperti halnya para pegawai yang perlu Anda gaji, maka setelah keuntungan tesebut dibayarkan dan masih terdapat sisa dari jumlah itu, maka itulah jumlah keuntungan bersih yang Anda miliki.

Itulah informasi singkat dari cara menghitung takaran keuntungan sederhana yang bisa Anda contoh dengan mudah.


Member Banner

Google Analytics Alternative