Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Kiat - Kiat

Tips Menyulap Modal Kecil Menjadi Keuntungan Besar

Administrator Kiat Kiat Dilihat 2182 kali

Membuka usaha dengan modal kecil merupakan salah satu pilihan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan penghasilan dari usahanya sendiri. Bisa jadi modal kecil tersebut dikarenakan usaha ini merupakan usaha sampingan sehingga dana modalnya pun hasil dari menyisihkan tabungan sehari-hari. Namun hal itu tidak menjadi masalah karena besar kecilnya modal tidak berpengaruh pada kesuksesan yang akan dicapai. Banyak sekali contoh pengusaha Indonesia yang sukses justru dari modal yang hanya ratusan atau puluhan ribu rupiah saja. Yang nantinya menentukan besar keuntungan yang didapat adalah cara memainkan strategi usaha dengan baik sehingga menyulap modal kecil menjadi untung yang berkali lipat. Tapi tentu saja hal tersebut membutuhkan waktu. Karena dalam usaha apapun pasti membutuhkan tahapan-tahapan untuk bisa membangun usaha menjadi kuat dan berhasil. Pengusaha yang sudah berhasil lebih dulu pastinya memiliki beberapa tips agar usaha dengan modal kecil memiliki keuntungan yang besar.

Pemasok bahan baku yang murah dan berkualitas

Salah satu tips agar usaha dengan modal kecil memiliki keuntungan yang besar adalah dengan mencari pemasok bahan atau supplier yang murah dan berkualitas. Bahan baku yang murah maka akan memperkecil biaya produksi sehingga harga jual pun bisa lebih ditekan dan keuntungan yang didapat pun lebih besar. Banyak pengusaha yang diawal membuka usaha rela untuk blusukan atau berburu pemasok bahan baku yang murah namun tetap memiliki kualitas yang baik. Terkadang untuk menghemat ongkos kirim bisa langsung membeli dalam jumlah yang banyak. Namun semuanya itu tetap harus melalui perhitungan yang matang. Sesuaikan dengan jenis usaha, lokasi usaha dan sebagainya agar bahan baku yang murah tersebut tidak menjadi masalah di kemudian hari

Bersabar untuk memutar keuntungan

Dengan modal yang sedikit maka keuntungan yang didapat pun juga sedikit. Karenanya lebih baik jika keuntungan yang ada dimasukkan lagi ke dalam modal untuk menghasilkan produksi yang lebih banyak, sehingga keuntungan yang didapat pun lebih berlipat. Tentu hal ini membutuhkan kesabaran, namun bisa dilakukan secara terus menerus dan bertahap, bersiaplah untuk terkejut dengan keuntungan besar yang terlihat di depan mata.

Skill yang mumpuni

Mungkin jenis usaha yang digeluti banyak memiliki saingan. Namun jangan khawatir, tetaplah berusaha dan meningkatkan skill yang dipunya. Jika memiliki skill yang tinggi atau keahlian tertentu yang tidak dimiliki pengusaha lain, maka hal itu bisa menjadi nilai lebih untuk mendapatkan keuntungan. Dengan skill yang tinggi bisa meningkatkan kualitas layanan sehingga melebihi kualitas yang diberikan kepada konsumen oleh usaha sejenis lainnya. Tentunya konsumen akan lebih memilih yang menawarkan kualitas terbaik bukan ? Atau dengan keahlian tertentu bisa memperlebar jenis usaha sehingga lebih memperluas pendapatan penghasilan.

Melakukan inovasi

Selain untuk membuka peluang keuntungan yang besar, inovasi juga sangat bagus bagi dampak pemasaran. Konsumen tentu senang mencoba hal-hal baru sehingga akan rela berdatangan untuk menikmati hasil inovasi tersebut. Apapun jenis usahanya, lakukan inovasi agar konsumen tidak merasa bosan. Inovasi ini juga merupakan strategi bisnis untuk menghadapi persaingan dari usaha sejenis. Setidaknya akan memiliki nilai berbeda di mata konsumen sehingga lebih mudah mereka ingat.


Member Banner

Google Analytics Alternative